Wulandari, Fera (2017) Pengembangan permainan tradisional "gaprek kempung" sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VII di SMP / Fera Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Fera. 2016. Pengembangan Permainan Tradisional Gaprek Kempung sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS-Ekonomi Kelas VII di SMP. Tesis. Program Studi S-2 Pendidikan Ekonomi Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahjoedi. M.E. M.Pd (II) Dr.H. Sugeng Hadi Utomo. M.S Kata Kunci Permainan tradisional Gaprek kempung media pembelajran IPS-Ekonomi Penelitian ini berdasarkan fenomena khususnya budaya tradisional belum dimanfaatkan guru secara optimal sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Berpangkal dari kondisi lapangan perlu adanya upaya pelestarian eksistensi permainan tradisional dan pengkajian yang lebih mendalam tentang manfaat yang dapat diperoleh melalui permainan tradisional baik secara kognitif psikologis maupun sosial. Salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan adalah menciptakan sebuah media pembelajaran dengan dilakukan inovasi gabungan antara permainan tradisional dan materi IPS yang nantinya akan menghasilkan sebuah media yang layak dan efektif sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran IPS permainan tradisional Gaprek Kempung dengan memanfaatkan sarana yang ada di lingkungan sekitar 2) Untuk mengetahui kefektifan pengembangan media pembelajaran IPS permainan tradisional Gaprek Kempung untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII SMP N 1 Tumpang. Penelitian pengembangan media pembelajaran permainan tradisional Gaprek Kempung ini menggunakan model pengembangan DBR (Desain Based Research) yang terdiri dari 6 langkah. Sasaran Penelitian terdiri atas sasaran kelas uji coba dan kelas pengembangan. Sasaran Uji Coba media yang dikembangkan adalah siswa kelas VII-G SMP N 1 Tumpang sedangkan sasaran pengembangan media adalah siswa kelas VII-A (kelas eksperimen) dan siswa kelas VII-C (kelas kontrol) SMP N 1 Tumpang. Berdasarkan hasil analisis uji keefektifan media pembelajaran permainan tradisional Gaprek Kempung dengan menggunakan software IBM SPSS 24 dengan rumus uji t-test nilai thitung yang didapatkan dari posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen SMP N 1 Tumpang sebesar 2 763 dengan nilai ttabel adalah 2 036 dengan demikian thitung ttabel yang berarti peningkatan nilai hasil belajar IPS ekonomi kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Selanjutnya didapatkan nilai signifikansi sebesar 0 007
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |