Maharani, Alfi Cahya (2016) Pola pikir, sikap dan perilaku ibu rumah tangga dalam mengelola sumber daya ekonomi dan implikasinya dalam pendidikan ekonomi di keluarga / Alfi Cahya Maharani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maharani Alfi Cahya. 2015. Pola Pikir Sikap dan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Mengelola Sumber Daya Ekonomi dan Implikasinya dalam Pendidikan Ekonomi di Keluarga. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed 2) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Kata Kunci perilaku ibu rumah tangga sumber daya ekonomi pendidikan ekonomi keluarga. Ibu rumah tangga berperan penting dalam mengatur sumber daya ekonomi yang dimiliki rumah tangga sebagai upaya mewujudkan keberlangsungan rumah tangga. Oleh karena itu perilaku ibu rumah tangga dalam mengatur sumber daya ekonomi merupakan pilar penting dalam kegiatan pengalokasian sumber daya ekonomi rumah tangga. Ibu juga berperan penting dalam pendidikan ekonomi anak di lingkungan keluarga mengingat keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama dan utama bagi anak. Keterlibatan ibu sebagai orang tua yang lebih sering berinteraksi dengan anak diharapkan dapat mendukung proses pendidikan ekonomi bagi anak di lingkungan keluarga. Penelitian ini memfokuskan pembahasan pada pola pikir sikap dan perilaku ibu rumah tangga dalam mengelola sumber daya ekonomi serta keterlibatan ibu rumah tangga dalam pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded research. Analisis dalam penelitian ini berlangsung secara bertahap menggunakan pendekatan sistematis dari Strauss and Corbin. Subyek dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga dari berbagai tingkat pendidikan dan kesejahteraan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara. Dari hasil analisis data diketahui bahwa (1) hal yang menjadi pertimbangan ibu rumah tangga dalam mengelola sumber daya ekonomi adalah capacity based time frame efisiensi pilihan ekonomis dan didukung dengan informasi yang akhirnya membentuk perilaku ibu rumah tangga dalam mengelola sumber daya ekonomi (2) ibu rumah tangga terlibat dalam pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga melalui keteladanan penjelasan verbal tuntutan perilaku yang relevan dan diskusi atas kasus-kasus yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) ibu rumah tangga mempertimbangkan beberapa hal seperti ketersediaan anggaran serta prioritas kebutuhan sebelum mengambil sikap dalam penggunaan anggaran dan merumuskan solusi untuk memecahkan masalah ekonomi rumah tangga. Selain itu ibu rumah tangga diharapkan dapat terlibat langsung dalam proses pendidikan ekonomi di keluarga mulai dari memberikan keteladanan memberikan penjelasan verbal kemudian didukung dengan melakukan pembiasaan kepada anak hingga mengajak anak ikut terlibat dalam proses pemecahan masalah ekonomi di keluarga. (2) Untuk pendidikan formal dan non-formal diharapkan dapat dikembangkan suatu model pembelajaran tentang rambu-rambu mengenai kondisi ideal ibu rumah tangga dalam mengelola sumber daya ekonomi dan proses keterlibatan ibu rumah tangga dalam pendidikan ekonomi di keluarga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |