Pengaruh gaya hidup dan intensitas belajar ekonomi terhadap rasionalitas konsumsi siswa yang dimediasi oleh hasil belajar ekonomi / Rustam AR. Selang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya hidup dan intensitas belajar ekonomi terhadap rasionalitas konsumsi siswa yang dimediasi oleh hasil belajar ekonomi / Rustam AR. Selang

Selang, Rustam AR. (2014) Pengaruh gaya hidup dan intensitas belajar ekonomi terhadap rasionalitas konsumsi siswa yang dimediasi oleh hasil belajar ekonomi / Rustam AR. Selang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rustam AR. Selang. 2014. Pengaruh Gaya Hidup Dan Intensitas Belajar Ekonomi Terhadap Rasionalitas Berkonsumsi Siswa Yang Dimediasi Oleh Hasil Belajar Ekonomi (Di SMA Negeri Se-Kota Ternate) Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi M.E Pembimbing (2) Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci Gaya Hidup Intensitas Belajar Ekonomi Hasil Belajar Ekonomi Rasionalitas Berkonsumsi. 12288 12288 12288 12288 Perkembangan teknologi dan informasi di era sekarang membuat derasnya arus globalisasi yang memungkinkan masuknya nilai-nilai budaya dan trend gaya hidup manusia dari berbagai pelosok dunia dalam kehidupan masyarakat sehari-hari terutama kehidupan para remaja yang membawa pengaruh negatif atau positif terhadap aktivitas belajar dan konsumsi para siswa. Para remaja atau siswa sering menyalahgunakan gaya hidup mereka kearah gaya hidup hedonistic materialistic dan permissive yang berdampak pada mewabahnya perilaku konsumsi irasional dikalangan remaja. Berkaitan dengan itu diperlu adanya penelitian tentang pengaruh gaya hidup dan intensitas belajar ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa yang dimediasi oleh hasil belajar ekonomi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh gaya hidup siswa terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa (2) pengaruh intensitas belajar ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa (3) pengaruh gaya hidup siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa (4) pengaruh intensitas belajar ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa (5) pengaruh hasil belajar ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa (6) pengaruh gaya hidup terhadap rasionalitas berkonsumsi melalui hasil belajar ekonomi siswa (7) pengaruh intensitas belajar ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi melalui hasil belajar ekonomi siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Populasinya yaitu siswa kelas X SMA Negeri Se-Kota Ternate tahun ajaran 2013-2014. Penarikan sampel pada populasi ini menggunakan Multistage Random Sampling sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 130 siswa dari populasi yang berjumlah 2.211 siswa. Proses pengumpulan data melalui data primer dengan menggunakan instrument angket dan soal pilihan ganda dan untuk menganalisisnya menggunakan analisis jalur. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya hidup berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa (2) intensitas belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa (3) gaya hidup siswa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (4) intensitas belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa (5) hasil belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa (6) gaya hidup siswa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi melalui hasil belajar ekonomi (7) intensitas belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi melalui hasil belajar ekonomi. 12288 12288 12288 12288 Melalui intensitas belajar ekonomi yang optimal diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi sehingga terbentuklah perilaku konsumen yang rasional. Siswa diharapkan lebih bersikap rasional baik dalam pemanfaatan uang maupun dalam hal berkonsumsi dengan cara membuat daftar skala prioritas kebutuhan membuat catatan sumber pendapatan dan pengeluaran setiap bulan. Bagi peneliti selanjutnya direkomendasikan lebih mengembangkan variabel yang ada hubungan dan pengaruhnya terhadap rasionalitas berkonsumsi yang dimediasi oleh variabel-variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61218

Actions (login required)

View Item View Item