Fanani, Muhammad Basri (2013) Pengaruh pembelajaran kewirausahaan internalisasi nilai kewirausahaan di keluarga terhadap hasil belajar kewirausahaan yang dimediasi motivasi belajar di SMK Baitul Hikmah Tempurejo Jember tahun pelajaran 2012/2013 / Muhammad Basri Fanani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajarankewirausahaan internalisasinilaikewirausahaandi keluarga hasilbelajarkewirausahaandanmotivasibelajar. Pembelajarankewirausahaandi SMKumumnyadilakukandenganmetodeceramah resitasi danmembacabukuteks.Untukitu pendidiktidakbolehteks-book oriented sebabakanmendorong proses pembelajaranhanyasekedarmenjejalkan ide-ide abstrak sehinggasiswacenderungmemorizing not understanding.Sebagaiakibatnya munculkebosanandankejenuhandarisiswauntukmempelajarinya karenamerekadiarahkanhanyauntukmenghafalsaja.Hal tersebutterjadikarenaselamainimateri yang dipelajarinyatidakrelevandenganpengalamanmerekasehari-hari akhirnyamateritersebutdianggapkurangmenantang yang efeknyaprestasisiswasemakinmenurun.Dalamhalinibeberapahal yang mempengaruhinilaihasilbelajar di sekolahdiantaranyaadalah Pembelajarandi Sekolah internalisasinilaikewirausahaandi keluarga yang dimediasimotivasibelajar. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan dan menganalisis (1) Pengaruhpembelajarankewirausahaanterhadaphasilbelajarmelaluimotivasibelajarsiswadi SMKBaitulHikmahTempurejoJember. (2) Pengaruhinternalisasinilaikewirausahaandalamkeluargaterhadaphasilbelajarmelaluimotivasibelajarsiswa SMK BaitulHikmahTempurejoJember. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang bertujuan menjelaskan dan menganalisis variabel tertentu secara obyektif kondisi empiris yang akan dijelaskan dan dianalisis adalah pengaruh variabel independen dan variabel dependen. penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individual karena semua variabel diukur dari subjek penelitian sebagai individu. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dimana penelitian ini untuk memperoleh data dari responden pada periode waktu yang tertentu (data are gathered just once). Dilihat dari hubungan antar variabel ada tiga variabel yang diposisikan sebagai variabel eksogen dan satu variabel yang diposisikan sebagai variabel endogen. Sampel berjumlah 55 siswa pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Teknik angket digunakan untuk pengumpulan data pembelajaran di sekolah Internalisasinilaikewirausahaan di keluarga danmotivasibelajar. Teknik tes digunakan untuk pengumpulan data hasilbelajarsiswa yang berbentuknilai. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturkan berdasar regresi. Analisis dilakukan dengan menggunakan program aplikasi SPSS 17for Windows. Hasil-hasilanalisisdanpembahasan yang telahdilakukanpadabagiansebelumnyamemberikanbeberapakesimpulanantara lain sebagaiberikut (1) Terdapatpengaruhpembelajarankewirausahaanterhadaphasilbelajarmelaluimotivasibelajarsiswa SMKBaitulHikmahTempurejoJember denganpenjabaransebagaiberikut (a) pembelajarankewirausahaanberpengaruhterhadaphasilbelajar.(b) pembelajarankewirausahaanberpengaruhterhadapmotivasibelajar.(c) motivasibelajarberpengaruhterhadaphasilbelajar.Dengandemikian motivasibelajarsiswabersetatussebagai moderator yang berfungsimemperkuatpengaruhpembelajarankewirausahaanterhadaphasilbelajarsiswa SMKBaitulHikmahTempurejoJember. (2)Terdapatpengaruhinternalisasinilaikewirausahaan dikeluargaterhadaphasilbelajarmelaluimotivasibelajarsiswa SMK BaitulHikmahTempurejoJember. (a) internalisasinilaikewirausahaandalamkeluargaberpengaruhterhadaphasilbelajar.(b)internalisasinilaidalamkeluargaberpngaruhlangsungterhadapmotivasibelajar.Dengandemikian motivasibelajarsiswajugabersetatussebagai moderator yang berfungsimemperkuatpengaruhinternalisasinilai-nilaikewirausahaan di keluargaterhadaphasilbelajarsiswa SMKBaitulHikmahTempurejoJember. Saran dan rekomendasi bagi guru sebagai bahan masukan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga pembelajaran kewirausahaan di sekolah lebih diorientasikan untuk membangun moral dan perilaku ekonomi bagi siswa. Meningkatkan kegiatan pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam menumbuhkan serta mendorong siswa untuk meningkatkan kompetensi dalam hal penguasaan materikewirausahaan maupun ketrampilan dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuaiuntuk siswa mencapai hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61198 |
Actions (login required)
View Item |