Rofiah, Siti (2013) Penerapan asesmen portofolio untuk mengukur tingkat pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kertosono / Siti Rofiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Asesmen Portofolio Pemahaman konsep Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa SMA Negeri 1 Kertosono pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada umumnya masih kurang hal ini diketahui karena selama proses pembelajaran ekonomi siswa masih cenderung pasif dan ketika mengerjakan soal seringkali memperoleh nilai yang kurang maksimal. Pemahaman konsep yang masih kurang ini tentunya akan menyebabkan kurang mampunya siswa berpikir kritis. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan metode konvensional kurang menerapkan strategi-strategi pembelajaran kooperatif dan kurang bervariasinya teknik penilaian yang digunakan oleh guru yang dapat merangsang kemampuan siswa dalam hal pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Dalam hal ini terlihat bahwa penilaian yang dilakukan memiliki kecenderungan hanya menilai hasil akhir dari kemampuan siswa berupa hasil tes tertulisnya sedangkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran tidak dapat terekam dalam format penilaian yang selama ini dilakukan. Dengan mengkaji kenyataan yang ditemukan di lapangan terlihat adanya ketidaksesuaian antara pembelajaran ekonomi di sekolah menengah dengan sistem penilaian yang digunakannya yaitu proses penilaian yang biasa dilakukan guru selama ini hanya mampu menggambarkan aspek penguasaan konsep siswa sehingga tujuan kurikuler mata pelajaran ekonomi belum dapat dicapai secara menyeluruh. Maka diperlukan suatu teknik penilaian yang mampu mengungkap aspek produk maupun proses. Sistem penilaian yang diasumsikan dapat memenuhi tuntutan tersebut salah satunya adalah sistem penilaian portofolio. Penilaian berbentuk asesmen menuntut adanya kompetensi dan kreativitas serta inisiatif yang lebih luas dari diri siswa. Selain itu asesmen juga menyediakan informasi secara komprehensif mengenai kemajuan belajar siswa termasuk kekuatan dan kelemahannya. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan asesmen portofolio dalam pembelajaran ekonomi khususnya materi pendapatan nasional inflasi dan indeks harga dalam upaya untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Kertosono serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan asesmen portofolio. Untuk tujuan penelitian ini dengan mengimplementasikan asesmen portofolio dengan memberikan tugas LDS LKS presentasi dan menuliskan jurnal belajar sebagai refleksi diri dan tes formatif. Hasil tugas-tugas digunakan sebagai bukti outentik yang dimasukkan ke dalam map portofolio. Implementasi asesmen portofolio bertujuan untuk mengetahui apakah dengan mengerjakan tugas-tugas yang berupa LDS LKS presentasi tes formatif dan membuat refleksi diri serta mengumpulkannya ke dalam map portofolio ini kualitas/keefektifan pembelajaran ekonomi dapat meningkat serta untuk mengetahui sejauhmana pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Kertosono. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan asesmen portofolio dalam pembelajaran ekonomi maka dapat menggambarkan tingkat pemahaman konsep ekonomi dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dengan kualifikasi baik terlihat dari skor untuk indikator pemahaman konsep siswa yaitu skor LKS 4.85 dan tes formatif dengan skor 4 13 serta indikator untuk kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dilihat dari skor LDS 4 35 dan skor presentasi 4 2 juga dari hasil analisis skor siswa pada butir soal serta analisis data pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada KD 5.1 KD 5.2 KD 5.3 dan KD 5.4. Respon siswa terhadap asesmen portofolio pada pembelajaran ekonomi pada materi pendapatan nasional inflasi dan indeks harga diperoleh melalui angket menunjukkan respon sangat positif terhadap penggunaan asesmen portofolio dalam pembelajaran ekonomi yaitu terdapat 100% siswa berminat. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan asesmen portofolio dalam pembelajaran ekonomi bisa dilaksanakan. Untuk penelitian lebih lanjut perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan tehnik-tehnik penilaian lain selain tehnik penilaian portofolio yaitu tehnik penilaian observasi (pengamatan) hasil kerja (produk) penugasan (proyek) dan kinerja (performance). Perlu dikaji variabel-variabel terikat lainnya yang berhubungan dengan proses dan hasil belajar ekonomi yaitu ketrampilan proses motivasi aktivitas belajar dan kemandirian belajar. Serta pada penelitian asesmen portofolio perlu keterlibatan siswa dalam menentukan kriteria/nominasi item yang akan dimasukkan dalam portofolio.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61180 |
Actions (login required)
View Item |