Pengembangan bahan ajar model praktikum akuntansi koperasi materi pencatatan bukti-bukti transaksi bagi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Jember / Titin Kartini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar model praktikum akuntansi koperasi materi pencatatan bukti-bukti transaksi bagi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Jember / Titin Kartini

Kartini, Titin (2011) Pengembangan bahan ajar model praktikum akuntansi koperasi materi pencatatan bukti-bukti transaksi bagi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Jember / Titin Kartini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. (II) Dr. Dyah Aju Wardhani M.Si Ak. Kata kunci pengembangan bahan ajar model praktikum akuntansi koperasi pencatatan bukti-bukti transaksi. Mata kuliah akuntansi koperasi adalah mata kuliah program studi dimana tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai materi kuliah secara baik tentang permasalahan yang dihadapi dalam akuntansi koperasi serta mampu mempraktekkan siklus akuntansi dalam suatu koperasi. Buku teks maupun modul yang selama ini digunakan sebagai acuan dalam perkuliahan sebatas pada konsep teoritis saja belum menekankan pada praktik nyata. Dikarenakan belum tersedianya referensi aplikatif tentang praktikum akuntansi koperasi sehingga disusunlah alternatif bahan ajar yang relevan. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan bahan ajar model praktikum akuntansi koperasi yang valid praktis dan efektif bagi mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember dalam menyelesaikan pencatatan siklus akuntansi koperasi berdasarkan bukti transaksi sejalan dengan pertanyaan penelitian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar model praktikum Akuntansi Koperasi yang valid praktis dan efektif bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember dalam menyelesaikan pencatatan siklus akuntansi koperasi berdasarkan bukti transaksi. Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah Model Thiagarajan yang lebih dikenal dengan Model 4-D yang terdiri dari (1) Tahap Define (Pendefinisian) (2) Tahap Design (Perancangan) (3) Tahap Develop (pengembangan) dan (4) Tahap Disseminate (Penyebaran). Untuk mendukung pengembangan bahan ajar dalam tahap Design (perancangan) dikembangkan draf awal bahan ajar yang berupa lembar kerja mahasiswa dan dikembangkan pula instrumen penelitian yang berupa (1) lembar validasi LKM (2) lembar validasi evalusi (3) Lembar Observasi LKM (4) lembar observasi aktivitas mahasiswa (5) angket penilaian mahasiswa dalam uji keterbacaan dan (6) angket respon mahasiswa. Tahap Develop (pengembangan) memuat uji coba produk yang meliputi (1) uji validasi untuk menilai kevalidan LKM (2) uji keterbacaan dan (3) uji lapangan untuk menilai kepraktisan dan keefektifan LKM. Hasil uji validasi dua validator terhadap LKM adalah sebesar 3 43 dan hasil uji validasi terhadap evaluasi adalah sebesar 3 18. Berdasarkan kriteria kevalidan termasuk kategori valid. Hasil uji keterbacaan mahasiswa menyatakan bahwa LKM dapat mempermudah dan membantu pemahaman mahasiswa dalam belajar akuntansi koperasi. Sedangkan hasil uji lapangan untuk kepraktisan bahan ajar rata-rata dari dua pertemuan diperoleh 3 5 yang termasuk dalam kategori tinggi dengan kata lain bahan ajar model praktikum adalah praktis. Untuk keefektifan bahan ajar meliputi (1) penguasaan materi melalui tes (2) aktivitas mahasiswa dan (3) respon mahasiswa. Penguasaan materi siklus akuntansi khususnya pada tahap pencatatan yang diperoleh dari skor pretes dan postes dengan taraf signifikan 5% rata-rata skor pretes dan postes berbeda nyata dengan signifikan 0 000 yaitu rata-rata pretes 60 23 dengan simpangan baku 14 96 dan postes 76 63 dengan simpangan 9 89. Hasil rata-rata kedua pertemuan aktivitas tiap jenis kegiatan masuk kriteria efektif yaitu antara 10 20)% kecuali untuk jenis kegiatan ke-7 (aktivitas mahasiswa yang tidak relevan dengan pembelajaran) antara (0 5)%. Sedangkan hasil angket respon mahasiswa (1) terhadap desain LKM diperoleh lebih sebesar 90 4% terhadap isi LKM sebesar 92 8% terhadap implikasi LKM sebesar 91% dan terhadap dampak LKM sebesar 95 5%. Dengan demikian bahan ajar dapat dikatakan efektif. Kekuatan bahan ajar yang telah disusun adalah (1)LKM disusun sistematis untuk digunakan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga dosen dan mahasiswa mudah untuk menggunakannya (2) Bahan ajar ditulis untuk kepentingan mahasiswa sehingga strukturnya disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa hal ini dapat dibuktikan dengan besarnya rata-rata prosentase respon mahasiswa terhadap desain isi implikasi maupun dampak LKM rata-rata melebihi 80% dari subjek yang diteliti memberikan respon positif. (3) LKM mencantumkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran sehingga dalam memandu mahasiswa dalam melakukan aktivitas belajar (4) LKM disusun dengan penciptaan tugas didalamnya sehingga memberi kesempatan mahasiswa untuk berlatih mengerjakan latihan soal secara mandiri atau secara berkelompok. Sedangkan kelemahan bahan ajar ini adalah (1) LKM disusun terbatas hanya pada materi siklus akuntansi koperasi khususnya pada tahap pencatatan (recording) (2) LKM disusun berdasarkan pada karakteristik mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember sehingga keberadaannya juga sesuai dengan karakteristik mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember (3) Transaksi pada LKM bersifat terbatas tidak semua jenis transaksi disajikan pada lembar kerja mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61122

Actions (login required)

View Item View Item