Mewujudkan pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan dalam sistem organisasi sekolah (studi kasus di SMA Negeri 5 Kota Malang) / Ubaid Al Faruq - Repositori Universitas Negeri Malang

Mewujudkan pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan dalam sistem organisasi sekolah (studi kasus di SMA Negeri 5 Kota Malang) / Ubaid Al Faruq

Al Faruq, Ubaid (2011) Mewujudkan pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan dalam sistem organisasi sekolah (studi kasus di SMA Negeri 5 Kota Malang) / Ubaid Al Faruq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo Kata kunci Pembelajaran Ekonomi Lingkungan Sistem Organisasi Sekolah. Pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan merupakan program pembelajaran ekonomi yang memasukkan dasar-dasar lingkungan hidup agar peserta didik memiliki pengertian kesadaran sikap dan perilaku rasional serta tanggung jawab terhadap masalah ekonomi dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrumen utama. Adapun subjek penelitian ini adalah para civitas akademik SMA Negeri 5 Malang. Dalam pengumpulan data dipergunakan voice recorder pedoman wawancara dan catatan lapangan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) makna pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan menurut para civitas akademik SMA Negeri 5 Malang adalah sebagai pembelajaran perilaku ekonomi siswa terutama sikap dan tindakannya untuk tetap sadar terhadap lingkungan mengetahui akibat yang ditimbulkan agar terjadi keseimbangan antara manusia dan kebutuhannya teknologi yang digunakan serta sumber daya alam yang ada (2) tentang proses pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan di SMA Negeri 5 Malang dilaksanakan dalam 4 kegiatan (a) kegiatan kurikuler yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam mata pelajaran ekonomi yang mengintegrasikan pengetahuan lingkungan hidup di dalamnya bisa dalam bentuk pembelajaran di dalam kelas maupun praktek di luar kelas (b) Kegiatan ekstrakurikuler yaitu ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pokja (kelompok kerja) antara lain pokja kompos pokja jamur pokja anggrek dan UKS (c) Mulok (muatan lokal) yaitu kegiatan pembelajaran diajarkan secara monolitik dalam bentuk mata pelajaran muatan lokal antara lain pendidikan lingkungan hidup dan kewirausahaan dan (d) Kegiatan yang dilakukan oleh personil sekolah lainnya yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pengelola kantin dan koperasi siswa dengan beberapa aturan penjualan makanan yang tidak mengandung unsur-unsur kimia bahan pengawet dan sejenisnya (3) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan di SMA Negeri 5 Malang yaitu (a) masalah pembiayaan faktor ini adalah faktor utama yang menjadi kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran karena tidak mungkin sekolah untuk meminta dana kepada siswa dengan alasan apapun ketika sekolah kekurangan biaya dalam pelaksanaan pembelajaran (b) gaya hidup gaya hidup siswa-siswi SMA yang bisa dikatakan sebagai anak remaja yang cenderung mudah terpengaruh oleh kebiasaan-kebiasaan yang muncul dalam media elektronik seperti televisi yang kebanyakan memberikan contoh gaya hidup mewah dari kalangan selebriti menjadi masalah tersendiri bagi proses pembelajaran mereka cenderung meniru gaya hidup yang kurang memperhatikan keseimbangan lingkungan dalam berperilaku ekonomi. Dari beberapa faktor yang menjadi kendala tersebut dibutuhkan solusi untuk mengatasinya seperti dibutuhkan adanya kreativitas guru dalam memberikan pengajaran. Dari beberapa kegiatan tadi jelas dilakukan melalui sistem organisasi sekolah yang ada antara lain visi misi dan tujuan kurikulum kebijakan sekolah dan ditunjang dengan fasilitas atau sarana dan prasarana yang ada. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya tindakan untuk mendukung dan melaksanakan UU No 23 tahun 2009 tentang bermitra dalam gerak pembangunan berkelanjutan salah satunya adanya program adiwiyata di sekolah yang bertujuan untuk menyadarkan peserta didik untuk memikirkan aspek lingkungan dengan mengintegrasikannya ke dalam tiap mata pelajaran ataupun secara monolitik. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat diberikan adalah pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan di SMA Negeri 5 Malang seharusnya dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain mengingat krisis ekologi yang sedang melanda negeri diakibatkan oleh perilaku ekonomi manusia yang tidak memperdulikan keseimbangan SDA yang ada dan untuk para pelaksana pendidikan seharusnya lebih memperhatikan dan mendukung adanya pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61119

Actions (login required)

View Item View Item