Pengaruh kualitas input, kompetensi guru, sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN di Situbondo tahun ajaran 2009/2010 / Dewi Endah Fajariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas input, kompetensi guru, sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN di Situbondo tahun ajaran 2009/2010 / Dewi Endah Fajariana

Fajariana, Dewi Endah (2011) Pengaruh kualitas input, kompetensi guru, sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN di Situbondo tahun ajaran 2009/2010 / Dewi Endah Fajariana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Banu Siswoyo M.M (II) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. Kata Kunci kualitas input kompetensi guru sarana prasarana sekolah motivasi belajar prestasi belajar. Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Peningkatan mutu pendidikan selalu diupayakan agar dapat mencetak sumber daya manusia yang berguna bagi pembangunan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah prestasi belajar siswa di dalam lembaga pendidikan. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi dan menentukan proses prestasi belajar siswa di sekolah yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh langsung kualitas input terhadap motivasi belajar (2) pengaruh langsung kompetensi guru terhadap motivasi belajar (3) pengaruh langsung sarana prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa. (4) pengaruh langsung kualitas input terhadap prestasi belajar (5) pengaruh langsung kompetensi guru terhadap prestasi belajar (6) pengaruh langsung sarana prasarana sekolah terhadap prestasi belajar siswa dan (7) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Situbondo. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan hubungan antar variabel yang bersifat assosiatif kausalitas serta digambarkan berdasarkan analisis jalur. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri di Situbondo dengan sampel sebanyak 78 orang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket serta dokumentasi untuk variabel kualitas input dan prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut 1) kualitas input siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa 2) kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa 3) sarana prasarana sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar 4) motivasi belajar siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Terkait dengan hasil penelitian ini maka disarankan agar 1) kualitas input siswa dapat dipertahankan dan ditingkatkan 2) kompetensi guru SMAN di Situbondo harus dapat ditingkatkan 3) sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar dipertahankan dan ditingkatkan. Implikasinya secara teoritis temuan penelitian ini memperkuat penjelasan dan pendapat bahwa faktor input kompetensi guru dan sarana prasarana sekolah termasuk faktor yang secara langsung mempengaruhi prestasi belajar siswa tanpa dimediasi oleh motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61113

Actions (login required)

View Item View Item