Pengaruh budaya akademik dan status sosial ekonomi terhadap kinerja profesional guru ekonomi SMA se-kota Malang / Retno Mustika Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya akademik dan status sosial ekonomi terhadap kinerja profesional guru ekonomi SMA se-kota Malang / Retno Mustika Dewi

Dewi, Retno Mustika (2010) Pengaruh budaya akademik dan status sosial ekonomi terhadap kinerja profesional guru ekonomi SMA se-kota Malang / Retno Mustika Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Budaya Akademik Status Sosial Ekonomi Kinerja Profesional Guru Ekonomi SMA Peran dan tanggung jawab seorang guru sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Guru adalah salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan. Kinerja profesional guru sangat berpengaruh terhadap kelangsungan seluruh proses pembelajaran di dalam kelas dan pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas lulusan. Di samping itu guru diyakini sebagai komponen penting dalam seluruh proses pembelajaran karena mampu menggerakkan dan menggunakan berbagai perangkat belajar seperti laboratorium dan alat peraga lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena itu apabila prestasi belajar siswa berhasil maka hal tersebut merupakan cerminan kinerja profesional guru yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh budaya akademik status sosial ekonomi terhadap kinerja profesional guru ekonomi SMA Se- Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah guru Ekonomi SMA Se- Kota Malang yang berjumlah 103 guru di 10 SMA Negeri dan 37 SMA Swasta. Jumlah sampel sebanyak 65 guru sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara umum budaya akademik SMA Se-Kota Malang menurut guru ekonomi adalah dalam kondisi cukup kondusif status sosial ekonomi guru berada pada tingkat tinggi dan kinerja profesional guru berada pada tingkat sangat tinggi. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif variabel budaya akademik terhadap kinerja professional guru dan terdapat pengaruh yang positif variabel status sosial ekonomi terhadap kinerja profesional guru. Berdasarkan hasil analisis data dinyatakan bahwa budaya akademik dan status sosial ekonomi berpengaruh terhadap kinerja profesional guru Ekonomi SMA Se- Kota Malang oleh karena itu untuk mengembangkan kualitas kinerja profesional guru maka perlu ditingkatkan budaya akademik dan status sosial ekonomi. Selanjutnya untuk Sekolah hasil penelitian ini digunakan untuk menentukan kebijakan- kebijakan sekolah bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar atau referensi penelitian lebih lanjut disertai pengembangan masalah dari sudut yang berbeda misalnya mengukur kinerja profesional guru melalui tingkat pendidikan pengalaman mengajar guru perilaku Supervisi Kepala Sekolah dalam kepemimpinan pengajaran dan sebaiknya mengambil penelitian tentang budaya akademik dan status sosial ekonomi di Tingkat Perguruan Tinggi karena lingkup permasalahannya lebih kompleks dan dilihat dari jenjangnya yang lebih tinggi. Bagi pihak lain atau pembaca penelitian ini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan mengenai budaya akademik di sekolah status sosial ekonomi dan kinerja profesional guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61106

Actions (login required)

View Item View Item