Strategi bisnis dengan SWOT analisis berbasis networking pada industri topeng malangan (studi kasus pada Gunung Sari Craft Malang) / Putri Ayu Setya - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi bisnis dengan SWOT analisis berbasis networking pada industri topeng malangan (studi kasus pada Gunung Sari Craft Malang) / Putri Ayu Setya

Setya, Putri Ayu (2017) Strategi bisnis dengan SWOT analisis berbasis networking pada industri topeng malangan (studi kasus pada Gunung Sari Craft Malang) / Putri Ayu Setya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setya Putri Ayu. 2017. Strategi Bisnis Dengan SWOT Analisis Berbasis Networking Pada Industri Topeng Malangan (Studi kasus pada Gunung Sari Craft Malang). Tesis. Jurusan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si (II) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. Kata kunci Networking Topeng Malangan Home Industry SWOT Topeng Malangan adalah salah satu produk budaya yang sangat penting dikembangkan untuk melestarikan budaya dan dapat menjadi suatu peluang usaha bagi masyarakat Kota Malang. Fokus penelitian Strategi Bisnis Dengan SWOT Analisis Berbasis Networking Pada Industri Topeng Malangan (Studi kasus pada Gunung Sari Craft Malang) ini meliputi 1) Ekspansi pasar. 2) Memanfaatkan teknologi antar perusahaan dalam pemasaran produk. 3) Menggabungkan kekuatan-kekuatan dimasing-masing perusahaan untuk menciptakan citra positif perusahaan. 4) Memasuki pasar perusahaan lain tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bersaing. 5) Memperluas jangkauan pasar dengan saluran distribusi yang baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dalam wawancara observasi dan dokumentasi yang melibatkan pelaku usaha mitra bisnis perusahaan karyawan konsumen dan peneliti. Hasil wawancara observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dan dikembangkan dengan matriks SWOT sehingga menghasilkan rumusan strategi yang menunjang strategi networking pada Industri Topeng Malangan. Dilakukan pula analisis menggunakan matriks IFAS dan EFAS untuk mempertajam rumusan strategi tersebut agar lebih efektif dalam implementasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis dengan menggunakan matriks IFAS memberikan skor nilai 1 85 untuk faktor kekuatan dan skor nilai 0 55 untuk nilai kelemahan. Selisih kedua skor nilai ini adalah 1 30. Sementara itu analisis dengan menggunakan matriks EFAS menghasilkan skor nilai 2 76 untuk faktor peluang dan skor nilai 0 41 untuk faktor ancaman. Dari kedua skor nilai ini didapat selisih sebesar 2 35. Kedua nilai selisih ini kemudian diplot dalam diagram kartesius SWOT sebagai nilai X dan nilai Y. Plotting kedua nilai tersebut pada diagram kartesius menghasilkan sebuah titik yang berlokasi di kuadran I. Hal ini menjelaskan bahwa strategi networking industri Topeng Malangan akan lebih dikonsentrasikan pada proses pertumbuhan organisasi atau dengan kata lain strategi akan diprioritaskan pada strategi SO yakni strategi dengan mempergunakan semua kekuatan organisasi untuk memanfaatkan peluang yang ada. ABSTRACT Setya Putri Ayu. 2017. Business Strategy With SWOT Networking Based Analysis on Malangan Mask Industry (Case study on Gunung Sari Craft Malang). Thesis. Department of Management Graduate Program of State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si (II) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. Keywords Networking Malangan Mask Home Industry SWOT Malangan Mask is one of the most important cultural products developed to preserve the culture and can become a business opportunity for the people of Malang. The focus of research conducted by researchers at Business Strategy With SWOT Networking Based Analysis on Malangan Mask Industry (Case study on Gunung Sari Craft Malang) covering 1) Market expansion. 2) Utilizing intercompany technology in product marketing. 3) Combine the forces of each company to create a positive image of the company. 4) Entering other company s market without costing much to compete. 5) Expanding market reach with new distribution channels. This research uses qualitative approach. This type of research is a case study. Data collection is interviews observations and documentation involving business actors business partners employees consumers and researchers. The results of interviews observations and documentation are then analyzed and developed with SWOT matrix to produce a strategy formula that supports the networking strategy in Malangan Mask Industry. Also analyzed using IFAS and EFAS matrices to sharpen the strategy formulation to be more effective in implementation. The results of this study indicate that the results of analysis using IFAS matrix gives a score of 1 85 for strength factor and score value of 0 55 for weakness value. The difference between these two score scores is 1 30. Meanwhile the analysis using EFAS matrix resulted in a score of 2 76 for an opportunity factor and a score of 0 41 for the threat factor. Of these two score scores obtained difference of 2 35. These two values of difference are then plotted in the Cartesian SWOT diagram as X and Y values. Plotting these two values on the Cartesian diagram produces a point located in quadrant I. This explains that the network strategy of Malangan Mask industry will be more concentrated on the growth process of the organization or In other words the strategy will be prioritized on the SO strategy that is the strategy by using all the strength of the organization to take advantage of existing opportunities.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61045

Actions (login required)

View Item View Item