Analisis strategi diferensiasi dan aliansi untuk menciptakan keunggulan bersaing dalam menghadapi pasar global (studi pada usaha konveksi jeans merek Never Get Old Company di Kota Malang / Yoan Santosa Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis strategi diferensiasi dan aliansi untuk menciptakan keunggulan bersaing dalam menghadapi pasar global (studi pada usaha konveksi jeans merek Never Get Old Company di Kota Malang / Yoan Santosa Putra

Putra, Yoan Santosa (2016) Analisis strategi diferensiasi dan aliansi untuk menciptakan keunggulan bersaing dalam menghadapi pasar global (studi pada usaha konveksi jeans merek Never Get Old Company di Kota Malang / Yoan Santosa Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Yoan Santosa 2016. Analisis Strategi Diferensiasi Dan Strategi Aliansi Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Dalam Menghadapi Pasar Global (Studi Pada Usaha Konveksi Never Get Old Company di Kota Malang). Tesis Jurusan Manajemen Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Dr. H. Suharto M.Pd . M.M Kata kunci analisis SWOT diferensiasi aliansi keunggulan bersaing. Never Get Old Company adalah salah satu merek pakaian berbahan jeans yang berada di kota Malang berdiri pada tahun 2011 yang dapat dikatakan sebagai usaha konveksi pakaian skala kecil karena proses produksinya dilakukan dirumah dan belum memiliki toko atau outlet sendiri. Dalam menjalankan usahanya usaha konveksi jeans merek Never Get Old Company menerapkan strategi diferensiasi dan strategi aliansi yang dianalisis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apakah strategi diferensiasi dan strategi aliansi dapat menjadi media untuk menciptakan keunggulan bersaing dalam menghadapi pasar global. Dalam penelitian ini akan dipaparkan penjelasan mengenai analisis SWOT terhadap strategi diferensiasi dan strategi aliansi pada usaha konveksi jeans merek Never Get Old Company. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan strategi diferensiasi dan strategi aliansi dengan menggunakan analisis SWOT untuk menciptakan keunggulan bersaing dalam menghadapi pasar global pada usaha konveksi jeans merek Never Get Old Company. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk kedalam jenis penelitian studi kasus subyek pada penelitian ini adalah pemilik dari usaha konveksi jeans merek Never Get Old Company. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah hasil dari wawancara dan observasi yang berasal dari pemilik dan karyawan usaha konveksi jeans merek Never Get Old Company. Demi keabsahan data temuan digunakan teknik triangulasi yang berupa sumber data. Terdapat tiga tahapan dalam menganalisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan data atau verifikasi. Hasil temuan menggunakan analisis SWOT adalah nilai IFAS sebesar 1.85 dan nilai EFAS sebesar 1.95 dimana pada diagram SWOT letak dari kedua nilai tersebut berada pada kuadran I yaitu mendukung strategi agresif dimana usaha ini memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang dapat digunakan adalah strategi SO. Dikarenakan diferensiasi menjadi kekuatan dari usaha ini sedangkan aliansi menjadi peluang pada usaha ini. Hasil wawancara dengan informan kunci diperoleh juga jawaban bahwa usaha ini sudah menerapkan diferensiasi dan aliansi. Dengan demikian analisis SWOT pada strategi diferensiasi dan aliansi tersebut tepat menjadi media untuk menciptakan keunggulan bersaing pada usaha konveksi jeans merek Never Get Old Company dalam menghadapi pasar global.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61039

Actions (login required)

View Item View Item