Pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan (studi pada Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah Turen-Malang-Jawa Timur) Novita Rifaul Kirom - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan (studi pada Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah Turen-Malang-Jawa Timur) Novita Rifaul Kirom

Kirom, Novita Rifaul (2016) Pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan (studi pada Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah Turen-Malang-Jawa Timur) Novita Rifaul Kirom. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kirom Novita Rifaul. 2016. Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi pada Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah Turan-Malang-Jawa Timur). Tesis Jurusan Manajeman Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si Kata Kunci minat wisata wisata budaya kepuasan wisatawan Obyek wisata dan daya tarik wisata adalah suatu bentukan dan fasilitas yang berhubungan yang dapat menarik wisatawan atau pengunjung untuk datang ke suatu daerah atau tempat tertentu. Daya tarik yang belum dikembangkan merupakan sumber daya yang potensial dan belum dapat disebut sebagai daya tarik wisata sampai adanya suatu perkebangan dari obyek tersebut. Tanpa adanya daya tarik di suatu tempat maka untuk kepariwisataan tersendiri sulit untuk dikembangkan. Faktor budaya menjadi salah satu hal yang dapat menarik wisatawan. Faktor budaya lahir dari warisan leluhur atau nenek moyang yang dikembangkan dan dikenalkan oleh pewarisnya. Untuk memerkenalkan budaya sebagai salah satu aspek dalam menarik minat wisatawan berkunjung maka harus ada strategi untuk menjaga kebudayaan yang ada dari segi warisan budaya nya sendiri dan dari segi kompetitifnya. Hal ini selaras dengan pendapat Richards dan Wilson dalam Li (2014) bahwa daya tarik wisata budaya yang terlibat dalam lingkungan pasar yang sangat kompetitif karena dalam hal pengadaanya untuk pasar pariwisata budaya semakin dibanjiri dengan daya tarik baru rute budaya dan pusat warisan dan di dalam hal permintaannya terdapat permintaan yang cepat berubah dari pelanggan. Rumusan masalah penelitian (1) Apakah budaya berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharu bahri asali fadhoilir rohmah (2) Apakah keunikan berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharu bahri asali fadhoilir rohmah (3) Apakah promosi berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharu bahri asali fadhoilir rohmah (4) Apakah keramahtamhan berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharu bahri asali fadhoilir rohmah (5) Apakah biaya berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharu bahri asali fadhoilir rohmah (6) Apakah daya tarik wisata yang terdiri dari budaya keunikan promosi keramahtamahan dan biaya berpengaruh secara positif sinifikan secara simultan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke ponpes biharu bahri asali fadoilir rohmah Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis regresi berganda yaitu hubungan secara linear antara dua atau lebih variabel independen (X1 X2 .Xn) dengan variabel dependen (Y). Analisis ini untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah masing-masing variabel independen berhubungan positif atau negatif dan untuk memprediksi nilai dari variabel dependen apabila nilai variabel independen mengalami kenaikan atau penurunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada 6 faktor yang dipertimbangkan wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata biharu bahri asali fadhoilir rohmah yaitu faktor budaya keunikan promosi keramahtamahan biaya dan kualitas layanan. Dari hasil pembahasan (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti bahwa budaya memiliki pengaruh baik terhadap kepuasan wisatawan saat berkunjung ke obyek wisata budaya Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban dari responden yang memberikan jawaban setuju pada item-item pernyataan yang diajukan. (2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan keunikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti bahwa keunikan tidak memiliki pengaruh baik terhadap kepuasan wisatawan saat berkunjung ke obyek wisata budaya Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah. (3) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti bahwa promosi tidak memiliki pengaruh baik terhadap kepuasan wisatawan saat berkunjung ke obyek wisata budaya Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keramahamahan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti bahwa keramahtamahan memiliki pengaruh baik terhadap kepuasan wisatawan saat berkunjung ke obyek wisata budaya Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban dari responden yang memberikan jawaban setuju pada item-item pernyataan yang diajukan. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan biaya terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti bahwa budaya memiliki pengaruh baik terhadap kepuasan wisatawan saat berkunjung ke obyek wisata biaya Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban dari responden yang memberikan jawaban setuju pada item-item pernyataan yang diajukan. (6) Daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata hal ini dibuktikan dari hasil SPSS yaitu mempunyai pengaruh 58 6%. Dan pengaruh simultannya diketahui bahwa nilai signifkansi f 0 000 0 05 pengujian ini menunjukkan bahwa Ho ditolak sehingga dapat disimpulan bahwa daya tarik wisata berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Dari paparan diatas peneliti menyarankan (1) Bagi pengelola obyek wisata budaya ponpes biharu bahri asali fadhoilir rohmah diharapkan bisa menjadi pertimbangan dalam meningkatkan fitur yang diberikan seperti kartu masuk dan keluar obyek wisata dan juga pemandu wisata meningkatkan promosi obyek wisata meberikan informasi yang lebih detail kepada wisatawan tentang sejarah petunjuk perjalanan pariwisata dapat juga dengan menambahkan flow chart atau denah obyek wisata dan juga memberi informasi tentang penginapan untuk wisatawan yang bermalam di sekitar area obyek wisata dan pada kualitas layanan perlu ditingkatkan dengan memberikan 3S (senyum salam sapa) kepada wisatawan. (2) Bagi wisatawan diharapkan dapat menjadi pertimbangan berwisata bersama dengan keluarga tetangga maupun kelompok tertentu khususnya berwisata pada obyek wisata budaya yang berada di Jawa timur. (3) Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini untuk mengetahui pengaruh daya tarik berkunjung ke obyek wisata budaya terhadap kepuasan wisatawan. Disarankan untuk peneliti selanjutnya dengan menambah atau mengurangi variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61033

Actions (login required)

View Item View Item