Studi fenomenologi tentang ethnic enterpreneurship pada CV. Unggul Putra Samudra Malang / Rayie Tariaranie Wiraguna - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi tentang ethnic enterpreneurship pada CV. Unggul Putra Samudra Malang / Rayie Tariaranie Wiraguna

Wiraguna, Rayie Tariaranie (2015) Studi fenomenologi tentang ethnic enterpreneurship pada CV. Unggul Putra Samudra Malang / Rayie Tariaranie Wiraguna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tariaranie Rayie. 2015. StudiFenomenologiTentang Ethnic Entrepreneurship padaCV. Unggul Putra Samudra Malang. Tesis.JurusanManajemen Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. SudarmiatinMSi. (II) Dr. I WayanJamanAdi Putra MSi. Kata KunciFenomenologi Ethnic Entrepreneurship Pemahaman ethnic entrepreneurship menurut Waldinger et al. 1990 3 (dalamvolery) yaitu ethnic entrepreneurshipis a set of connections and regular patterns of interaction among people sharing common national background or migration experiences .Penjelasankutipantersebutyaitusuatugolonganmanusia yang terikatolehkesadarandanidentitasakankesatuanbudaya. Etnis yang dibahas dalam penelitian ini yaitu etnisTionghoayan cukup dominan di Indonesia dan termasuksalahsatukelompoketnis yang keberadaannyaselalumenyitaperhatian.Merujuk kepada etnis Tionghoa maka peneliti mengambil penelitian di CV. Unggul Putra Samudra. CV. Unggul Putra Samudra Malangmerupakanbisniskeluarga yang di dominasiolehketurunanTionghoa. Tujuan penelitian ini adalah 1) memberikanpengetahuanempiristentangethnic entrepreneurship yang adadalamlingkupetnisTionghoa 2) dapatmemberikanmasukkanbagidunia bisnismaupun distributor yang terlibatdalam proses pemasarandanmenjadikanpengelolaan CV. Unggul Putra Samudramenjadilebihsistematis. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif fenomenologi untuk menjawab pertanyaan di atas. Dalam hal ini peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian yang digunakan yaitu wawancara dokumentasi catatan lapangan dan observasi yang dilakukan kepada pemilik istri Anak Pertama karyawan penganyam dan pekerja lapangan CV. Unggul Putra Samudra. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data teori dan metodologi yang diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik etnis tionghoa seperti ulet pantang menyerah serta menjunjung tinggi kepercayaan terhadap leluhur sangat sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di CV. Unggul Putra Samudra (UPS). Hasil penelitian dalam bentuk wawancara dan observasi menjelaskan bahwa memang pemilik CV. UPS ini sejak dini sudah dilatih dan dididik menjadi seorang wirausaha yang ulet dan pantang menyerah. Selain itu etnis Tionghoa juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur kebudayaan. Bagi mereka dengan menghormati dan menghargai yang di tunjukkan dengan melaksanakan apa yang menjadi kepercayaan leluhur maka mereka akan mendapatkan keberkahan dalam hidup. Selain karakteristik diatas juga terdapat beberapa karaktristik menurut (Meredith 2000) yang cocok dengan objek penelitian yang diteliti yaitu percaya diri pengambil resiko keorisinilan dan berorientasi masa depan.Semua aspek karakteristik tersebut sudah dibuktikan dengan wawancara dan metode yang lain yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61029

Actions (login required)

View Item View Item