Susanti, Rizki Aprilia Dwi (2015) Social enterpreneurship sebagai sumber daya untuk meraih keunggulan bersaing pada sentra batik "Melati" Pekandangan Sumenep / Rizki Aprilia Dwi Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Susanti Rizki A.D. 2015. Social Entrepreneurship Sebagai Sumber Daya Untuk Meraih Keunggulan Bersaing Sentra Batik Melati Pekandangan Sumenep. Tesis Jurusan Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. F. Danardana Murwani M.M. (II) Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.si. Kata Kunci Social Entrepreneurship Sumberdaya Keunggulan Bersaing Sentra batik merupakan salah satu wujud usaha kreatif yang memanfaatkan kearifan lokal. Sebagai salah satu bentuk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dimana struktur organisasinya masih sederhana dan kemampuan dalam bidang manajemen masih kurang. Oleh karenanya bagi jenis usaha seperti ini menciptakan keunggulan bersaing dengan memberdayakan sumberdaya yang dimiliki merupakan cara yang paling tepat. Social entrepreneurship merupakan salah satu sumber daya instrinsik yang dimiliki oleh sentra batik Melati dengan mendayagunakan segala hal yang bisa tereksplorasi dari Social entrepreneurship maka diharapkan perusahaan akan mampu menciptakan keunggulan bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sosial entrepreneur menghasilkan sumber daya untuk keunggulan bersaing bagaimana gambaran sosial entrepreneurship pada sentra batik Melati bagaimana sumber daya yang menjadi keunggulan bersaing pada sentra batik melati dan bagaimana manfaat yang dirasakan masyarakat serta pengusaha/pengrajin batik dengan kehadiran sentra batik melati . Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yaitu sebuah penelitian yang bertujuan untuk mencari makna atas fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Penelitian dilakukan pada sentra batik Melati yang berada di desa Pekandangan Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Madura. proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan analisis yang dikembangkan oleh Miles and Huberman. Agar data yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya maka peneliti menggunakan trianggulasi dan member check untuk keabsahan datanya. Temuan penelitian ini adalah (1) Karakteristik Social Entrepreneurship yang dimiliki adalah dapat memberikan sebuah manfaat sosial dan memecahkan masalah sosial dengan cara inovatif (2) sumber daya yang dihasilkan adalah kekeluargaan inovasi yang disalurkan pengembangan masyarakat dan sikap (3) manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dan pengusaha/pengrajin batik lain adalah menambah kesejahteraan masyarakat dan bertambahnya ilmu membatik yang membuat kualitas batik meningkat. Berdasarkan hasil analisis dan temuan dalam penelitian ini sentra batik Melati memperlebar area industri dan diharapkan pula agar Bapak Zaini selaku pemiliki mampu menularkan sisi sosialnya kepada pengusaha lain. Selain itu untuk peneliti di masa yang akan datang diharapkan agar lebih spesifik dalam menyoroti tema ini dan menambah objek penelitian agar dapat membandingkan sosial entrepreneurship yang dimiliki pada objek yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61028 |
Actions (login required)
View Item |