Hariadi, Suranto (2015) Penerapan permainan kartu kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis di kelas I tema 1 SDN Dinoyo 4 Kota Malang / Suranto Hariadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hariadi Suranto. 2015. Penggunaan Permainan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I Tema I SDN Dinoyo 4. Skripsi. Program S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Rumidjan M.Pd (2) Drs. Achmad Taufik M.Pd. Kata kunci permainan kartu kata bergambar membaca menulis kalimat SD Keterampilan membaca dan menulis penting pada era globalisasi. Dalam dunia pendidikan keterampilan membaca dan menulis dibutuhkan untuk mempelajari mata pelajaran lain sedangkan dalam kehidupan bermasyarakat dibutuhkan untuk bersosialisasi. Karena itulah keterampilan membaca dan menulis perlu mendapat perhatian khusus di sekolah. Hasil orientasi di lapangan pada tanggal 12 Januari 2015 dan informasi dari wali kelas I SDN Dinoyo 4 yang sekaligus sebagai guru bidang studi siswa kelas I SDN Dinoyo 4 umumnya mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis guru kesulitan dalam memilih menata materi pelajaran guru belum pernah menggunakan permainan kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca dan menulis. Untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis di SD perlu digunakan metode dan teknik pembelajaran yang menarik yaitu dengan permainan kartu kata bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendesripsikan bagaimana memilih menata dan merepresentasikan materi membaca dan menulis di kelas I SDN Dinoyo 4 dengan menggunakan kartu kata bergambar (2) mendeskripsikan penggunaan permainan kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca dan menulis siswa kelas I SDN Dinoyo 4 (3) mendeskripsikan bagaimana meningkatkan keterampilan membaca dan menulis di kelas I SDN Dinoyo 4 dengan menggunakan permainan kartu kata bergambar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model kolaboratif yaitu kerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Keterlibatan kelas dalam proses pembelajaran mencapai 70% pada siklus 1 dan 95% pada siklus II. Keterampilan membaca kelas mencapai 75% pada siklus 1 dan 95% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 13%. Keterampilan menulis kelas mencapai 80% pada siklus 1 dan 95% pada siklus II dengan peningkatan sebesar14%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa serta memberikan nuansa belajar yang menyengkan. Melalui kartu kata bergambar siswa dapat membuat 5 kalimat sederhana dan membuat cerita sederhana. Saran kepada guru dalam mengajar hendaknya tidak sekedar mengajarkan buku dan menggunakan teknik pembelajaran yang monoton melainkan lebih cermat dalam memilih menata dan merepresentasikan materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6102 |
Actions (login required)
View Item |