Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan norma subjektif terhadap tendensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha (studi pada siswa SMA Negeri 1 Gondanglegi Jurusan IPS Peminatan Kewirausahaan) / Mila Sindia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan norma subjektif terhadap tendensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha (studi pada siswa SMA Negeri 1 Gondanglegi Jurusan IPS Peminatan Kewirausahaan) / Mila Sindia

Sindia, Mila (2019) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan norma subjektif terhadap tendensi berwirausaha melalui sikap berwirausaha (studi pada siswa SMA Negeri 1 Gondanglegi Jurusan IPS Peminatan Kewirausahaan) / Mila Sindia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sindia Mila. 2018. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Norma Subjektif terhadap Tendensi Berwirausaha melalui Sikap Berwirausaha (Studi pada Siswa SMA Negeri 1 Gondanglegi Jurusan IPS Peminatan Kewirausahaan). Tesis. Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika M.A. M.Si. (II) Dr. Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Kata Kunci Pendidikan Kewirausahaan Norma subjektif Tendensi Berwirausaha Sikap Berwirausaha Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Tendensi Berwirausaha pengaruh Norma Subjektif terhadap Tendensi Bewirausaha pengaruh Sikap Berwirausaha terhadap Tendensi Berwirausaha pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Tendensi Berwirausaha melalui Sikap Berwirausaha dan pengaruh Norma Subjektif Terhadap Tendensi Berwirausaha melalui Sikap Berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X XI dan XII Jurusan IPS peminatan Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Penentuan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling yang artinya bahwa pengambilan sampel dari anggota populasi dengan acak dan berstrata secara proporsional dengan total 217 responden dan diambil 143 sampel yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tendensi berwirausaha dianggap sebagai variabel yang sangat penting bagi siswa untuk memulai dan menciptakan usaha bisnis baru sebagai karir alternatif di masa depan. Studi saat ini mengungkapkan bahwa tendensi berwirausaha siswa berpengaruh secara langsung oleh pendidikan kewirausahaan dan norma subjektif. Demikian dengan pendidikan kewirausahaan dan norma subjektif mampu meningkat sikap berwirausaha siswa. Namun sikap yang berperan sebagai variabel mediasi antara pendidikan kewirausahaan dan norma sosial tidak memiliki kontribusi yang baik. Poin penting pertama adalah dari pendidikan kewirausahaan yang berfungsi untuk memfasilitasi dalam mengembangkan kewirausahaan karakter siswa termasuk memberikan kesempatan untuk mengalami dan berlatih pembelajaran kontekstual nyata untuk mengembangkan potensi kewirausahaan mereka. Poin kedua yaitu norma subjektif ketika siswa dengan memiliki anggota keluarga maupun lingkungan sekolah yang memberikan dukungan positif terhadap wirausaha cenderung lebih baik dari pada mereka yang tidak mendukung. Hal ini akan bermanfaat bagi siswa untuk dapat mengantisipasi dan memprediksi kemungkinan bisnis di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61016

Actions (login required)

View Item View Item