Penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dan Fan-n-Pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI TAV (Teknik Audio Video) SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) / Samsul Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dan Fan-n-Pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI TAV (Teknik Audio Video) SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) / Samsul Hadi

Hadi, Samsul (2018) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dan Fan-n-Pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI TAV (Teknik Audio Video) SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) / Samsul Hadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hadi Samsul. 2018. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsaw dan Fan-n-Pick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI TAV (Teknik Audio Video) SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) Tesis. Jurusan Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si (II) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M Kata Kunci jigsaw fun-n-pick motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi hasil diskusi dengan sesama guru dan wawancara dengan siswa mendapatkan kesimpulan bahwa pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto masih banyak menggunakan model konvensional dengan metode ceramah penugasan dan tanya jawab dengan sedikit tambahan memanfaatkan teknologi informasi menggunakan proyektor. Khusus penelitian ini dilaksanakan pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Ada beberapa masalah mendasar yang terjadi selama berlangsungnya proses pembelajaran yaitu 1) Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran utamanya saat guru menjelaskan materi dan melakukan tanya jawab masih tergolong rendah 2) Mayoritas siswa cenderung pasif dan pendiam sehingga suasana pembelajaran terlihat membosankan dan kurang menyenangkan 3) guru mata pelajaran belum pernah menggunakan model kooperatif selama ini hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan 4) Hasil belajar siswa masih rendah. Berdasarkan data nilai ulangan harian ketuntasan klasikal sebesar 54 69% dengan nilai 8805 75 00. Hal ini menjadi latar belakang penulis untuk meneliti penerapan kolaborasi model pembelajaran jigsaw dan fun-n-pick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran jigsaw dan fun-n-pick yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan di setiap siklusnya. Dalam 1 siklus model pembelajaran jigsaw dan fun-n-pick digunakan bergantian pada tiap pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI paket keahlian teknik audio video yang berjumlah 30 siswa. Peneliti dibantu tiga orang observer untuk mengamati keterlaksanaan model pembelajaran yang diterapkan dan memberikan masukan kepada peneliti untuk perbaikan pelaksanaan model pembelajaran. Selanjutnya teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi ter tulis angket motivasi belajar lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan perincian 1) keterlaksanaan model oleh guru diakhir tindakan untuk model jigsaw mencapai 88 89% dan model fun-n-pick sebesar 94 44% sedangkan keterlaksanaan model oleh siswa untuk model jigsaw mencapai 90 67% dan model fun-n-pick sebesar 93 33%. 2) Motivasi belajar siswa meningkat 7 01% dari 78 86% di siklus 1 menjadi 85 87% di siklus 2. 3) Hasil belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata 77 33 di siklus 1 menjadi 84 65 di siklus 2 dan ketuntasan klasikal juga meningkat dari 83 33 % di siklus 1 menjadi 93 33% di siklus 2. 4) Kendala dalam pelaksanaan model terutama terjadi di awal ii tindakan setelah melalui refleksi kendala bisa diminimalkan dan model dapat terlaksana dengan sangat baik. Hasil penelitian ini mendukung penelitian terdahulu yang dilakukan oleh 1) Natalia (2012) 2) Maariwuth (2014) 3) Ariyanti (2015) 4) Mustifah (2015) 5) bali (2015) 6) Riyadi (2016) 7) Puspitasari (2016) 8) Frianto (2016) 9) Rahman (2017) 10) Sopalang (2017) hasilnya dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian sudah memenuhi semua kriteria keberhasilan tindakan dimana model pembelajaran Jigsaw dan fun-n-pick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI TAV SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Bagi guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan serta mata pelajaran yang lain disarankan menggunakan model pembelajaran tersebut sebagai variasi dalam mengajar sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat lebih mengembangkan model pembelajaran Jigsaw dan fun-n-pick.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60997

Actions (login required)

View Item View Item