Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar melalui model pembelajaran Rally Robin dan Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas X Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 1 Jombang) / Ika Fariana Afan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar melalui model pembelajaran Rally Robin dan Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas X Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 1 Jombang) / Ika Fariana Afan

Afan, Ika Fariana (2018) Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar melalui model pembelajaran Rally Robin dan Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas X Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 1 Jombang) / Ika Fariana Afan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fariana Ika 2018. Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Rally Robin Dan Think Pair Share (TPS) (Studi Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X) SMKN 1 Jombang Tesis. Jurusan Pendidikan Bisnis Dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M. Ed. M. Si (II) Dr. H. Sutrisno M.M. Keyword Rally Robin Think Pair Share Keaktifan Dan Prestasi Belajar Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Rally Robin dan Think Pair Share sebagai usaha untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 2 SMKN 1 Jombang pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran di SMKN 1 Jombang. Jumlah siswa dari kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran 2 SMKN 1 jombang adalah 30 siswa. Instrumen yang dipakai dalam penelitian tindakan ini adalah Lembar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Lembar keterlaksanaan penerapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa lembar keaktifan siswa dan lembar soal tes akhir siklus angket dan video dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan dimana setiap pertemuan terdiri dari tiga kegiatan yaitu 1) kegiatan awal 2) kegiatan inti 3) kegiatan akhir. Pada setiap siklus juga dilakukan kegiatan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Rally Robin dan Think Pair Share. Disamping itu ada peningkatan juga pada penerapan kegiatan model pembelajaran kooperatif Rally Robin dan Think pair share setiap siklusnya. Rata-rata nilai pada penerapan kegiatan model pembelajaran kooperatif Rally Robin dan Think Pair Share yang dilakukan oleh guru menunjukkan angka 83 % disiklus I dan ada peningkatan nilai penerapan kegiatan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus II yaitu 94 % dan rata-rata nilai penerepan kegiatan model pembelajaran yang dilakukan oleh siswa pada siklus I menunjukkan angka 82 % dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 91 %. Untuk kektifan siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 79 22 % mengalami peningkatan keaktifan pada siklus II sebesar 86 93% begitu juga dengan tes belajar akhir siklus juga mengalami peningkatan dimana tes akhir siklus I menunjukkan nilai klasikas sebesar 83% dan meningkat pada siklus II sebesar 90 %. ii Kendala yang dihadapi oleh peneliti dalam pelaksanaan penelitian model pembelajaran Rally Robin dan Think Pair Share adalah pada awal proses pelaksanaan kegiatan model pembelajaran siswa masih bingung dengan langkah-langkah model pembelajaran terutama dimodel pembelajaran Rally Robin. Masih ada kendala kekurangan waktu siswa masih sulit jika diminta untuk membentuk kelompok yang bukan teman sebangku pada jam terakhir ada beberapa siswa kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran karena sudah capek masih ada kurang mandiri dalam mengerjakan soal tes akhir siklus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60993

Actions (login required)

View Item View Item