Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri di kelas 3 SDN Bandungrejosari 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Wulan Romasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri di kelas 3 SDN Bandungrejosari 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Wulan Romasari

Romasari, Wulan (2015) Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri di kelas 3 SDN Bandungrejosari 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Wulan Romasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Romasari Wulan. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Seri Di Kelas 3 SDN Bandungrejosari I Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. A. Badawi S.Pd. M.Pd (2) Drs. Rumidjan M.Pd Kata Kunci Pendekatan Saintifik Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Seri di SD. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3 SDN Bandungrejosari I Kecamatan Sukun Kota Malang diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan antara lain (1) pembelajaran masih berpusat pada guru (2) kurangnya kemampuan siswa untuk mengembangkan ide dalam menulis karangan narasi melalui gambar seri (3) pembelajaran hanya mengacu pada buku teks atau LKS (4) hasil nilai dalam menulis karangan narasi melalui gambar seri masih rendah. Untuk itu perlu diadakan pembaharuan strategi pembelajaran yang baru agar siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri. Dengan tujuan melatuh siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide khususnya dalam menulis karangan narasi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis Taggart. Langkah penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Bandungrejosari I Kecamatan Sukun Kota Malang dengan jumlah siswa 40 anak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan analisis data tes observasi dan dokumentasi. Penerapan Pendekatan Saintifik di kelas 3 SDN Bandungrejosari I Kecamatan Sukun Kota Malang sebagai berikut (1) mengamati (2) menanya (3) mencoba (4) menalar dan (5) mengkomunikasikan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri pada siswa kelas 3 SDN Bandungrejosari I Kecamatan Sukun Kota Malang. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I nilai 69 sedangkan pada siklus II nilai 73. Nilai rata-rata hasil menulis teks cerita narasi sederhana juga mengalami peningkatan dari siklus I nilai 67 dan pada siklus II nilai 83. Dari kedua siklus tersebut terjadi peningkatan nilai aktivitas siswa sebesar 7% dan peningkatan nilai hasil menulis siswa sebanyak 24 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui gambar seri kelas 3 SDN Bandungrejosari I Kecamatan Sukun Kota Malang. Disarankan agar guru menerapkan Pendekatan Saintifik Karena dengan menggunakan pendekatan ini anak akan lebih tertarik dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6086

Actions (login required)

View Item View Item