Pengembangan perangkat pembelajaran biologi SINERGI-EM@S (Student Inventory Environmental Resources Group Investigation-Eco Mapping at School) sebagai upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan literasi lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Wiedia Carullina Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi SINERGI-EM@S (Student Inventory Environmental Resources Group Investigation-Eco Mapping at School) sebagai upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan literasi lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Wiedia Carullina Purwanti

Purwanti, Wiedia Carullina (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi SINERGI-EM@S (Student Inventory Environmental Resources Group Investigation-Eco Mapping at School) sebagai upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan literasi lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Wiedia Carullina Purwanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Purwanti Wiedia Carullina. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SINERGI-EM S (Student Inventory Environmental Resources Group Investigation-Eco Mapping at School) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. dan (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci berpikir kritis biologi eco mapping at school group investigation literasi lingkungan perangkat pembelajaran Pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya alam harus selaras dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Seiring perubahan jaman menurunnya kualitas lingkungan sebagai dampak dari berbagai permasalahan lingkungan berpotensi mengganggu keberlanjutan pembangunan. Permasalahan lingkungan tersebut disebabkan oleh kurangnya literasi lingkungan dalam memanfaatkan sumberdaya alam. Literasi lingkungan sangat diperlukan agar setiap orang dapat memahami dan peduli terhadap kondisi lingkungan dengan memanfaatkan sumberdaya alam secara bijaksana serta mengambil tindakan dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan. Oleh karena itu literasi lingkungan harus diajarkan sejak dini di rumah dan di sekolah. Integrasi konsep lingkungan dalam pembelajaran diperlukan untuk menumbuhkan pemikiran kritis terhadap permasalahan di lingkungan sekitar kita. Dunia pendidikan berperan penting dalam menciptakan generasi muda yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan kehidupan sebab Pendidikan dapat mengubah cara berpikir manusia menjadi pribadi yang bertanggungjawab guna mewujudkan ESD (Education for Sustainable Development). Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah melalui integrasi pendidikan lingkungan dalam wujud program Adiwiyata sejak tahun 2006 dan kerjasama dengan GIZ-PAKLIM melalui pemetaan lingkungan di sekolah. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran biologi SINERGI-EM S (Student Inventory Environmental Resources Group Investigation-Eco Mapping at School) ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi lingkungan siswa. Eco Mapping yang umumnya dilakukan di perusahaan dapat diintegrasikan melalui pembelajaran dengan cara mengembangkan perangkat pembelajaran (silabus RPP LKS dan instrumen penilaian hasil belajar). Penelitian pengembangan ini dilaksanakan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMAN 8 Malang dengan subyek penelitian kelas X MIPA 1 sebanyak 35 orang siswa sebagai kelas perlakuan dan kelas X MIPA 2 sebanyak 34 orang siswa sebagai kelas konvensional berdasarkan hasil uji kesetaraan menggunakan nilai biologi semester 1. Materi pembelajaran yang terintegrasi EM S dalam penelitian ini adalah Ekosistem dan Perubahan lingkungan. Instrumen pengambilan data berupa soal uraian kemampuan berpikir ii kritis dan soal pilihan ganda literasi lingkungan serta angket hasil validasi oleh ahli materi ahli bahan ajar dan praktisi lapangan yang telah divalidasi. Data hasil tes tersebut kemudian diuji normalitasnya menggunakan Kolmogorov Smirnov dan homogenitasnya menggunakan Levene Test. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis menggunakan Analisis Kovarians (Anacova) untuk menganalisis hubungan tes awal dan tes akhir pembelajaran biologi SINERGI-EM S serta keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi lingkungan siswa. Hasil pengujian hubungan tes awal dengan tes akhir kemampuan berpikir kritis menggunakan soal uraian menghasilkan statistik uji F sebesar 49.326 artinya ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara kelas perlakuan dengan kelas konvensional. Ditinjau dari hasil penilaian tes soal pilihan ganda literasi lingkungan domain pengetahuan/ecological knowledge diperoleh hasil F sebesar 7.303 dan domain keterampilan kognitif/cognitive skill sebesar 4.427 sehingga dapat dinyatakan ada perbedaan yang signifikan literasi lingkungan domain pengetahuan dan keterampilan kognitif antara kelas perlakuan dengan kelas konvensional. Selanjutnya jika ditinjau dari hasil penilaian angket diperoleh data F sebesar 576.975 artinya ada perbedaan yang signifikan literasi lingkungan domain sikap terhadap lingkungan (attitude) antara kelas perlakuan dengan kelas konvensional. Tetapi literasi lingkungan domain perilaku terhadap lingkungan (behavior) menghasilkan F sebesar 0.004 artinya tidak ada perbedaan yang signifikan literasi lingkungan domain perilaku terhadap lingkungan (behavior) antara kelas perlakuan dengan kelas konvensional. Konversi skor literasi lingkungan dari hasil tes pilihan ganda menunjukkan level literasi lingkungan di atas 41 (kategori High) dan angket menujukkan skor di atas 45 (kategori High). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi SINERGI-EM S dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan literasi lingkungan siswa kelas X SMAN 8 Malang. Beberapa saran terkait dengan penelitian pengembangan ini di antaranya perangkat pembelajaran SINERGI-EM S ini dapat diterapkan dengan terlebih dahulu mempelajari secara cermat komponen silabus dan RPP dengan baik memperhatikan kompetensi yang ingin dicapai memperhatikan sarana pendukung dan sumber daya (lingkungan dan IT) sehingga pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terutama yang berkaitan dengan implementasi instrumen literasi lingkungan sehingga diperoleh kerangka instrumen literasi lingkungan yang dapat digunakan untuk siswa di Indonesia. Software localhost sinergi-em s yang dikembangkan dalam penelitian ini masih merupakan prototype yang perlu dikaji lebih lanjut agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60812

Actions (login required)

View Item View Item