Suciari, Fitri (2015) Implementasi pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di SDN Percobaan 2 Kota Malang / Fitri Suciari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suciari Fitri. 2015. Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 di SDN Percobaan 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. Sa dun Akbar. M.Pd (II) Dra. Murtiningsih M.Pd Kata Kunci PembelajaranTematik Kurikulum 2013 Hasil observasi awal di dapat bahwa pelaksaaan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 berjalan dengan baik hanya guru mengeluhkan proses penilaian yang masih rumit. Guru juga mengatakan bahwa semua persiapan hingga pelaksanaanya sudah berbentuk tematik tapi pada akhirnya penilaian rapot yang diminta berupa nilai mata pelajaran per Kompetensi Dasar. Berdasar data tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2103 di SDN Percobaan 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data penelitian ini berupa paparan tentang pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di SDN Percobaan 2 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Kegiatan analisis meliputi kegiatan pengumpulan data kegiatan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) perencanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan guru di SDN Percobaan 2 Malang antara lain meliputi pembuatan silabus pembuatan program tahunan pembuatan program semester pembuatan jadwal dan pembuatan RPP. (2) pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik dimulai dengan kegiatan pendahuluan kegiatan inti yang terdiri dari langkah-langkah mengamati dilanjutkan kegiatan menanya kemudian kegiatan mengumpulkan data kemudian kegiatan mengasosiasi/mengolah informasi dan dilanjutkan kegiatan mengkomunikasikan kemudian diakhiri kegiatan penutup dan masing masing kegiatan tersebut belum berjalan optimal (3) penilaian pembelajaran tematik terpadu dalam kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik yaitu penilaian pengetahuan dilakukan dengan testulis penilaian sikap dilakukan dengan observasi penilaian diri dan penilaian antar teman sedangkan jurnal catatan guru belum dilakukan penilaian keterampilan dilakukan dengan unjuk kerja dan portofolio. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan diadakan perbaikan system pembelajaran khususnya dengan pendekatan saintifik dan perbaikan system penilaian yang mencakup penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6080 |
Actions (login required)
View Item |