Nikitasari, Etrisa Maya (2018) Pengaruh pembelajaran sains berbasis isu bermuatan Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap penguasaan konsep, sikap spiritual dan sosial siswa kelas VII di SMPN 2 Galis Kabupaten Bangkalan / Etrisa Maya Nikitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nikitasari Etrisa Maya. 2018. Pengaruh Pembelajaran Sains Berbasis Isu Bermuatan Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap Penguasaan Konsep Sikap Spiritual dan Sosial Siswa Kelas VII di SMPN 2 Galis Kabupaten Bangkalan. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M.S. (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata Kunci pembelajaransainsberbasisisu Socio-Scientific Issues penguasaankonsep sikap spiritual sikapsosial PembelajaranIPAdi SMPN 2 Galis belum mengajarkan tentang keterkaitan antara konsep/materi yang dipelajari dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.Hasil belajar yang meliputi penguasaan konsep sikap spiritual dan sosial khususnya pada kelas VII masih rendah karena aktivitas belajar yang didominasi oleh menghafal dan mengingat tanpa dilanjutkan dengan menerapkan dan menganalisis konsep. Pembelajaran sains berbasis isu bermuatan Socio-Scientific Issues (SSI) merupakan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan rasional dan sosial siswa. Penelitian pengaruh pembelajaran sains berbasis isu bermuatan SSI bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran sains berbasis isu bermuatan SSIterhadap penguasaan konsep 2) pengaruh pembelajaran sains berbasis isu bermuatan SSIterhadap sikap spiritual 3) pengaruh pembelajaran sains berbasis isu bermuatan SSIterhadap sikap sosial siswa kelas VII di SMPN 2 Galis Kabupaten Bangkalan. Rancanganpenelitian yang digunakanadalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan pretest-posttestnonequivalent control groupdesignuntuk mengetahui perbedaan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian pengaruh pembelajaran sains berbasis isu bermuatanSSIterhadap penguasaan konsep adalah sebagai berikut 1) ada pengaruh pembelajaran sains berbasis isu bermuatan SSI terhadap penguasaan konsep siswa. Hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa nilai signifikansi penguasaan konsep 0 000 0 05 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai penguasaan konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan kovarian nilai pretes. 2) ada pengaruh pembelajaran sains berbasis isu bermuatan SSI terhadap sikap spiritual siswa. Hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa nilai signifikansi sikap spiritual 0 000 0 05 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai sikap spiritual antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan kovarian nilai pretes. 3) ada pengaruh pembelajaran sains berbasis isu bermuatan SSI terhadap sikap sosial siswa. Hasil analisis kovarian menunjukkan nilai signifikansi sikap sosial 0 002 0 05 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai sikap sosial antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan kovarian nilai pretes.Beberapa saran terkait dengan hasil penelitian antara lain 1)agar pembelajaran lebih menyenangkan maka siswa perlu dilibatkan secara aktif selama proses pembelajaran. 2) menyediakan alokasi waktu pembelajaran yang cukup agar semua sintaks pembelajaran sains berbasis isu dapat diterapkan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60796 |
Actions (login required)
View Item |