Pengembangan modul Ilmu Pengetahuan Alam berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP/MTs kelas VIII semester genap / Dewi Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul Ilmu Pengetahuan Alam berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP/MTs kelas VIII semester genap / Dewi Cahyaningrum

Cahyaningrum, Dewi (2018) Pengembangan modul Ilmu Pengetahuan Alam berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP/MTs kelas VIII semester genap / Dewi Cahyaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyaningrum Dewi. 2018. Pengembangan Modul Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa SMP/MTs Kelas VIII Semester Genap. Tesis. Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (2) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata kunci modul ilmu pengetahuan alam inkuiri terbimbing motivasi belajar hasil belajar Telah dilaksanakan penelitian di MTs Sultan Agung Sumberpetung kecamatan Kalipare kabupaten Malang diperoleh hasil belajar dan motivasi belajar siswa masih banyak yang belum tuntas dan masih kategori rendah. Kendala lain yang dimiliki adalah keterbatasan memiliki bahan ajar sebagai sumber belajar. Selama ini hanya mengandalkan sebuah LKS tanpa ada media tambahan lainnya. Proses pembelajaran di MTs Sultan Agung Sumberpetung guru hanya mempergunakan satu model pembelajaran tanpa mencoba memvariasikan model pembelajaran lainnya. Siswa membutuhkan bahan belajar yang dapat mempengaruhi hasil motivasi belajar dan hasil belajar dengan memanfaatkan sarana dan prasarana laboratorium dengan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ilmu pengetahuan alam berbasis inkuiri terbimbing dalam usaha meningkatkan tujuan pembelajaran khususnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi tekanan zat di semester genap. Tahap pengambilan data penelitian menggunakan desain penelitian pengembangan dan dipadukan dengan penelitian eksperimen semu sebagai uji coba hasil produk. Pada tahapan penelitian pengembangan ini mengacu pada model pembelajaran ADDIE yang meliputi lima tahap. Tahapan tersebut adalah analisis design pengembangan implementasi dan evaluasi. Pada subjek uji coba penelitian berupa siswa kelas VIII MTs Sultan Agung sumberpetung yang terdiri dari 2 kelas. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrument angket dan tes hasil belajar. Penganalisisan data menggunakan metode perhitungan persentase untuk data angket dan untuk uji statistik dengan analisis anakova untuk menguji hipotesis penelitian motivasi belajar dan hasil belajar. Uji prasyarat dengan uji hipotesis kedua variabel menggunakan uji normalitas dengan menggunakan analisis uji Kolmogorov Smirnov dengan uji homogenitas. Hasil perhitungan skor angket motivasi belajar dan hasil posttest pretest hasil belajar kognitif digunakan sebagai acuan peningkatan variabel. Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil skor dari validasi modul dari ahli materi sebesar 96 43 % hasil skor validasi modul guru oleh ahli materi dan praktisi pendidikan 89 28 % modul siswa sebesar 86 28 % serta hasil validasi oleh pengguna modul sebesar 95 94%. Kedua modul tersebut dinyatakan mempunyai kualifikasi baik (valid) tidak revisi dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa modul ilmu pengetahuan alam berbasis inkuiri terbimbing sudah memenuhi aspek kevalidan dan modul dinyatakan layak berdasarkan tinjauan hasil validator materi validator media kedua praktisi pendidikan serta uji keterbacaan siswa. 2) Hasil rerata terkoreksi data hasil motivasi belajar kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi sebesar 127 92 dari siswa di kelas kontrol sebesar 87 025. Hasil rerata terkoreksi hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen sebesar 14 436 secara signifikan lebih tinggi dari siswa di kelas kontrol yaitu 10 401. Berdasarkan hasil tersebut adanya perbedaan karena adanya pengaruh perlakuan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60788

Actions (login required)

View Item View Item