Pengaruh model pembelajaran Remap-CIRC dan perbedaan jenis kelamin terhadap literasi sains, kemampuan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif siswa SMP Kota Pasuruan / Inti Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Remap-CIRC dan perbedaan jenis kelamin terhadap literasi sains, kemampuan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif siswa SMP Kota Pasuruan / Inti Firdaus

Firdaus, Inti (2018) Pengaruh model pembelajaran Remap-CIRC dan perbedaan jenis kelamin terhadap literasi sains, kemampuan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif siswa SMP Kota Pasuruan / Inti Firdaus. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdaus Inti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Remap-CIRC dan Perbedaan Jenis Kelamin terhadap Literasi Sains Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Metakognitif Siswa SMP Kota Pasuruan. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A. Duran Corebima M.Pd. (2) Dr. Ibrohim M.Si. Kata kunci Kemampuan Berpikir Kritis Keterampilan Metakognitif Literasi Sains Model pembelajaran Perbedaan Jenis Kelamin Remap-CIRC. Terdapat empat keterampilan yang harus dimiliki seseorang dalam menghadapi kehidupan abad 21 yaitu kreatifitas dan inovasi berpikir kritis dan penyelesaian masalah kolaborasi serta komunikasi. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah melalui literasi sains. Literasi sains berkaitan dengan berpikir kritis dan metakognitif sehingga harus dikembangkan melalui pembelajaran. Pembelajaran yang mampu mengembangkan literasi sains kemampuan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif salah satunya adalah model Remap-CIRC. Siswa perempuan dan laki-laki memiliki kemampuan belajar dan berpikir berbeda. Siswa perempuan memiliki gaya belajar yang abstrak dan konseptual sedangkan siswa laki-laki lebih memiliki gaya belajar yang konkret dan praktis. Hal ini dapat mempengaruhi literasi sains kemampuan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif pada siswa perempuan dan laki-laki sehingga keterampilan-keterampilan tersebut akan berbeda hasilnya antara siswa perempuan dan laki-laki. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Dengan rancanganPretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa SMP Kota Pasuruan tahun ajaran 2017/2018 sedangkan sampelnya adalah siswa kelas 7B dan 7C SMPIT BIC dan kelas 7E dan 7G SMPN 8 Kota Pasuruan. Sampel diambil melalui uji kesetaraan dengan menggunakan anava. Data yang dianalisis adalah hasil dari tes uji kesetaraan yang dilakukan pada keempat kelas tersebut. Instrumen untuk menguji literasi sains siswa berupa soal tes pilihan ganda berisi 10 soal sedangkan soal kemampuan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif berupa tes esai berisi 14 soal. Data dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova) dua jalur. Sebelumnya data diuji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnovuntuk mengetahui normalitas data dan diuji homogenitasnya dengan Levene s Test of Equality of Errors Variancesuntuk mengetahui homogenitas data. Dilanjutkan dengan menggunakan analisis kovarian (anakova) dua jalur dengan bantuan SPSS 23 for Windows dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Remap-CIRC terhadap literasi sains model Remap-CIRC berhasil meningkatkan literas sains sebesar 41% dan tidak berbeda signifikan dengan kontrol positifnya yaitu kelas CIRC yang dapat meningkatkan literasi sains sebesar 38% 2) terdapat pengaruh perbedaan jenis kelamin terhadap literasi sains siswa laki-laki memiliki literasi sains 12 3 % lebih tinggi daripada siswa perempuan 3) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan perbedaan jenis kelamin terhadap literasi sains model pembelajaran Remap-CIRC dan CIRC lebih membantu siswa laki-laki untuk meningkatkan literasi sains daripada siswa perempuan 4) terdapat pengaruh model Remap-CIRC pada kemampuan berpikir kritis model pembelajaran Remap-CIRC berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis sebsar 55 % dibandingkan semua kelas kontrol positifnya 5) tidak terdapat pengaruh perbedaan jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis 6) tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan perbedan jenis kelamin terhadap berpikir kritis 7) terdapat pengaruh model pembelajaran Remap-CIRC terhadap keterampilan metakognitif model pembelajaran Remap-CIRC berhasil meningkatkan keterampilan metakognitif sebesar 61 % daripada kelas kontrol posisitfnya 8) terdapat pengaruh perbedaan jenis kelamin terhadap keterampilan metakognitif siswa perempuan mampu meningkatkan keterampilan metakognitifnya sebesar 20% dibandingkan siswa laki-laki dan 9) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan perbedaan jenis kelamin terhadap keterampilan metakognitif model pembelajaran Remap-CIRC berhasil membantu siswa perempuan dalam meningkatkan keterampilan metakognitif daripada siswa laki-laki. Model pembelajaran Remap-CIRC secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif namun pada literasi sains model pembelajaran Remap-CIRC dan CIRC memberikan pengaruh yang sama. Perbedaan jenis kelamin berpengaruh pada literasi sains dan keterampilan metakognitif namun tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Siswa laki-laki memiliki rata-rata terkoreksi literasi sains lebih tinggi daripada siswa perempuan. Siswa perempuan memiliki rata-rata terkoreksi keterampilan metakognitif lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Interaksi antara model pembelajaran dan perbedaan jenis kelamin berpengaruh terhadap literasi sains dan keterampilan metakognitif namun tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Pada literasi sains model pembelajaran Remap-CIRC dan CIRC lebih membantu siswa laki-laki untuk meningkatkan literasi sains sedangkan pada keterampilan metakogntiif model Remap-CIRC lebih membantu siswa perempuan dalam meningkatkan keterampilan metakognitifnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60781

Actions (login required)

View Item View Item