Bilah, Moh Syahron Mahbub Balada (2018) Pengembangan handout mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia berdasarkan hasil penelitian potensi tepung tempe kedelai hitam dan ubi jalar ungu pada tikus model DMT2 / Moh Syahron Mahbub Balada Bilah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Bilah M. S. M. B. 2018. Pengembangan Handout Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia Berdasarkan Hasil PenelitianPotensi Tepung Tempe Kedelai Hitam dan Ubi Jalar Ungu Pada Tikus Model DMT2. Pembimbing (I) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. (II) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata Kunci kedelai hitam ubi jalar ungu handout anatomi fisiologi manusia Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia merupakan matakuliah yang membahas sistem tubuh manusia berdasarkan anatomi dan fisiologi. Metabolisme merupakan kajian penting dalam matkuliah anatomi fisiologi manusia. Materi Anatomi Fisiologi Manusia berhubungan dengan sistem tubuh manusia mempelajari anatomi dapat menggunakan model namun untuk fisiologinya bersifat abstrak dan perlu dikontekstualkan untuk memudahkan proses pembelajaran. Temuan hasil analisis kebutuhan sebanyak 70% topikmetabolisme abstrakkarena tidak ada gambar dalam proses metabolisme 75% bahan ajar kurang menarik karena hanya keterangan saja 80% sulit memahami bahasa 75% minim gambar dan75% sistem pencernaan materi yang sulit. Berdasarkan hal terserbut maka dikembangkan handout berbasis penelitian potensi tepung tempe kedelai hitam dan ubi jalar ungu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze Design Develop Implementdan Evaluate dengan penelitian potensi tepung tempe dan ubi jalar ungu pada tikus model DMT2 kemudian dikembangkan menjadi handout. Hasil penelitian ini yaitu (1) telah dihasilkan handout anatomi fisiologi manusia berjudul Potensi Tepung Tempe Kedelai Hitam dan Ubi Jalar Ungu pada Tikus Model DMT2 (2) Potensi Tepung Tempe Kedelai Hitam dan Ubi Jalar Ungu terserap sangat tinggi yaitu 99 9%. Hasil validasi handout oleh ahli materi dengan 3 aspek yang dinilai yaitu isi penyajian dan bahasa. Nilai yang didapatkan untuk ketiga aspek tersebut berturut-turut 97 50% 95% dan 88 63% dengan kategori sangat valid. Ahli media menilai dalam hal keabsahan penyajian dan kegrafisan. Nilai yang diperoleh dari ketiga aspek tersebut 93 75% 100 dan 97 22% dengan kategori sangat valid. Validasi praktisi lapangan menilai dalam hal kelayakan bahasa isi dan penyajian. Nilai yang diperoleh dari ketiga aspek tersebut 93 18% 87 50% dan 91 66% dengan kategori sangat valid dan uji coba lapangan sebesar 88 91% untuk keterbacaan dan kepraktisan dengan nilai 87 39% dengan kategori (sangat valid). Berdasarkan hasil validasi uji keterbacaan dan kepraktisan menunjukkan bahwa handout yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid dan sedikit revisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60779 |
Actions (login required)
View Item |