Analisis senyawa bioaktif pada teh sebagai kandidat anti autis melalui metode protein target prediction dengan teknik virtual docking dan pengembangannya... sebagai buku ajar matakuliah Teknik dan Analisis Biologi Molekuler Univerdsitas Negeri Malang / Nanda Hilda Khikm - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis senyawa bioaktif pada teh sebagai kandidat anti autis melalui metode protein target prediction dengan teknik virtual docking dan pengembangannya... sebagai buku ajar matakuliah Teknik dan Analisis Biologi Molekuler Univerdsitas Negeri Malang / Nanda Hilda Khikm

Khikmawati, Nanda Hilda (2018) Analisis senyawa bioaktif pada teh sebagai kandidat anti autis melalui metode protein target prediction dengan teknik virtual docking dan pengembangannya... sebagai buku ajar matakuliah Teknik dan Analisis Biologi Molekuler Univerdsitas Negeri Malang / Nanda Hilda Khikm. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Khikmawati Nanda Hilda. 2018. Analisis Senyawa Bioaktif Pada Teh Sebagai Kandidat Anti Autis Melalui Metode Protein Target Prediction dengan Teknik Virtual Docking dan Pengembangannya Sebagai Buku Ajar Matakuliah Teknik dan Analisis Biologi Molekuler Universitas Negeri Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pebimbing (1) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin S.Pd. M.Si. (2) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata kunci senyawa bioaktif teh anti autis virtual docking buku ajar teknik analisis molekuler Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang membekali manusia dalam menghadapi permasalahan pada abad 21 yang semakin rumit akibat perkembangan IPTEK. Kompetensi yang perlu dikembangkan dalam menghadapi tantangan zaman ialah kreativitas dan teknologi sebab sebagian besar bidang kehidupan pada abad 21 tidak bisa dilepaskan dengan teknologi. KKNI juga menyatakan bahwa lulusan sarjana (S1) tingkat level 6 dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memanfaatkan IPTEKS dalam memecah suatu permasalahan. Upaya untuk meningkatkan kemampuan teknologi peserta didik ialah dengan mengintegrasikan teknologi dengan pendidikan. Penggunaan teknologi dengan pendidikan hanya sebatas sebagai sarana belum sampai mengaplikasikan untuk memecahkan suatu permasalahan. Bioinformatika adalah salah satu cabang Biologi yang menggunakan teknologi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Protein target prediction merupakan salah satu metode bioinformatika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yaitu mencari senyawa aktif dalam mengatasi penyakit. Salah satu penyakit yang cukup meresahkan ialah autisme. Autisme merupakan penyakit kelainan neuropsikiatris yang mengganggu kognitif sosial. Hal ini dapat mengakibatkan penderita autisme tersingkir dari kehidupan sosial. Penanganan autisme biasanya hanya melalui penggonsumsian obat neurologic yang menyebabkan efek ketergantungan. Bahan alam tentunya lebih baik untuk mengatasi penyakit neuropsikiatris seperti autisme. Tanaman teh merupakan tanaman berpotensi karena megandung beberapa senyawa yang dapat menimbulkan efek neuropsikiatris. Analisis potensi senyawa bioaktif pada teh dapat dilakukan dengan metode protein target prediction melalui tenik virtual docking. Hasil analisis ini dapat dijadikan sumber belajar pada salah satu mata kuliah di Universitas Negeri Malang yaitu Teknik dan Analisis Biologi Molekuler (TABM). Hasil tersebut berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap mahasiswa yang telah menempuh matakuliah TABM yang menunjukkan bahwa kebanyakan mahasiswa membutuhkan sumber belajar berupa buku. Tujuan penelitian ini ialah 1) menentukan potensi senyawa bioaktif tanaman teh dengan menggunakan metode protein target prediction 2) mengembangkan buku ajar berdasarkan hasil analisis senyawa bioaktif tanaman teh untuk matakuliah TABM 3) menguji kelayakan buku ajar yang dikembangkan melalui tiga kriteria yaitu kevalidan kepraktisan dan keterbacaan. Analisis senyawa bioktif pada teh menggunakan metode protein target ii prediction dengan virtual docking. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil analisis senyawa biaoktif menunjukkan bahwa Epigallocatechin dan Theanine berpotensi mengatasi gejala autisme. Epigallocatechin dapat menginhibisi protein CA1 untuk mencegah kejang. Potensi Epigallocatechin lebih baik dibandingkan dengan senyawa kontrol yaitu Acetazolamide Ethinamate dan Zonisamide karena memiliki binding afinitas tertinggi dengan energi ikatan yang dibutuhkan hanya -7 9 kcal/mol. Theanine berpotensi mengatasi gejala autisme karena bertindak sebagai inhibitor L-Glutamat Acid dengan sifatnya yang analog terhadap senyawa tersebut untuk mencegah kerusakan neuron akibat kadar L-Glutamat Acid yang tinggi. Binding afinitas Theanine dan L-Glutamate Acid juga sama besar dengan energi ikatan sebesar -5 0 kcal/mol. Epigallocatechin dan Theanine juga menunjukkan potensi biooral dan efek non toksisitas. Hasil pengembangan buku ajar juga menunjukkan bahwa bahan ajar yang diembangkan layak digunakan. Validasi materi menunjukkan bahwa nilai kevalidan aspek kelayakan materi sebesar 92 5% sedangkan pengaruh penggunaan buku ajar sebesar 90%. Validasi media menunjukkan aspek desain grafis buku ajar bernilai 80% penyajian 88 57% dan penggunaan bahasa sebesar 90%. Nilai kepraktisan buku sebagai media sebesar 80% sedangkan dalam hal materi sebesar 75%. Uji keterbacaan menunjukkan kriteria desain grafis memiliki skor 84% keterbacaan bahasa sebesar 85% dan materi sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60774

Actions (login required)

View Item View Item