Rahmasiwi, Amining (2018) Pengaruh socio-scientific issue based discussion terhadap kemampuan membaca artikel penelitian, kemampuan argumentasi, dan literasi sains mahasiswa Bilologi tahun pertama Universitas Negeri Malang pada kemampuan akademik berbeda / Amining Rahmasiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rahmasiwi Amining. 2018. Pengaruh Socio-scientific Issue based Discussion terhadap Kemampuan Membaca Artikel Penelitian Kemampuan Argumentasi dan Literasi Sains Mahasiswa Biologi Tahun Pertama Universitas Negeri Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata Kunci Kemampuan Argumentasi Kemampuan Membaca Artikel Penelitian Literasi Sains Socio-scientific Issue based Discussion. Setiap mahasiswa lulusan biologi harus menguasai kemampuan penyelesaian masalah yang salah satunya bisa diperoleh melalui penelitian. Pelaksanaan penelitian harus dikuasai dan mulai dipersiapkan oleh setiap mahasiswa biologi sejak awal tahun masa studi. Persiapan di awal tahun masa studi lebih difokuskan pada pemahaman dasar terkait penelitian berupa penguasaan topik-topik tentang alam dan penguasaan berbagai kompetensi dasar untuk melakukan penelitian. Kompetensi dasar yang perlu dipersiapkan untuk melakukan penelitian antaralain kemampuan membaca artikel penelitian kemampuan argumentasi dan literasi sains. Setiap mahasiswa biologi berkemampuan akademik tinggi maupun rendah harus menguasai kemampuan dasar tersebut. Penerapan strategi pembelajaran dan rancangan dalam pelaksanaannya perlu direncanakan dan dipersiapkan agar bisa memberdayakan siswa berkemampuan akademik berbeda. Socio-scientific Issue based Disussion (SSI-D) merupakan pembelajaran yang menekankan pemahaman konsep melalui diskusi argumentatif membahas isu sosiosains. Karateristik model yang ditekankan pada kegiatan diksusi kelompok besar dan kecil untuk membahas materi pelajaran melalui kajian fenomena yang terjadi di kehidupan sekitar diharapkan dapat memberdayakan mahasiswa berkemampuan akademik berbeda serta bertujuan untuk meminimalkan kesenjangan antara mahasiswa kemampuan akademik tinggi dan rendah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap peningkatan kemampuan membaca artikel penelitian kemampuan argumentasi dan literasi sains. Desain penelitian berupa nonrandomized control group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa program sarjana biologi dan pendidikan biologi angkatan 2017 kelas A G H dan I Universitas Negeri Malang. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan membaca artikel penelitian wacana argumentasi tertulis yang didasarkan pada kerangka kerja Toulmin s Pattern tes literasi sains yang mengacu pada TOSLS yang dikembangkan oleh Gormaly (2012). Analisis data menggunakan ANACOVA dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan kemampuan membaca artikel penelitian kemampuan argumentasi dan literasi sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran socio-scientific issue based discussion (SSI-D) dan diskusi-presentasi model pembelajaran socio-scientific issue based discussion terbukti dapat meningkatkan 16.08% kemampuan membaca artikel penelitian 24.46% kemampuan argumentasi dan 21.89% literasi sains lebih tinggi dibandingkan diskusi-presentasi (2) ada perbedaan kemampuan membaca artikel penelitian dan literasi sains pada mahasiswa berkemampuan akademik berbeda namun pada kemampuan argumentasi antara mahasiswa kemampuan akademik tinggi (AT) tidak berbeda secara signifikan dengan mahasiswa kemampuan akademik rendah (AR) kemampuan membaca artikel penelitian mahasiswa AT lebih tinggi 9.23% dibandingkan mahasiswa AR kemampuan argumentasi mahasiswa AT lebih tinggi 2.5% dibandingkan mahasiswa AR literasi sains mahasiswa AT lebih tinggi 8.83% lebih tinggi daripada mahasiswa AR. (3) ada perbedaan kemampuan membaca artikel penelitian kemampuan argumentasi dan literasi sains akibat interaksi model pembelajaran socio-scientific issue based discussion dan kemampuan akademik interaksi yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca artikel penelitian yaitu model pembelajaran socio-scientific issue based discussion dan kemampuan akademik tinggi pada kemampuan argumentasi interaksi yang paling efektif yaitu model pembelajaran socio-scientific issue based discussion dan kemampuan akademik tinggi sedangkan interaksi paling efektif untuk literasi sains yaitu model pembelajaran socio-scientific issue based discussion dengan kemampuan akademik rendah. Hasil penelitian yang diperoleh juga menunjukkan bahwa model pembelajaran SSI-D dapat meningkatkan masing-masing kemampuan mahasiswa bahkan pada mahasiswa kemampuan akademik rendah sehingga dapat menyamai hasil dari mahasiswa berkemampuan akademik tinggi. Keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SSI-D berpotensi meningkatkan kemampuan membaca artikel penelitian kemampuan argumentasi dan literasi sains pada mahasiswa berkemampuan akademik berbeda. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka disarankan pada pendidik untuk menerapkan SSI-D dalam pembelajaran karena dapat memberdayakan kemampuan membaca artikel penelitian kemampuan argumentasi dan literasi sains serta dapat menurunkan kesenjangan antara mahasiswa berkemampuan akademik berbeda tinggi dan rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60767 |
Actions (login required)
View Item |