Ishak, Firah (2018) Pengaruh strategi pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan TTW (Think Talk Write) terhadap kemampuan metakognisi berpikir kritis dan retensi siswa MA di Malang Raya / Firah Ishak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Ishak firah. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan TTW (Think Talk Write) terhadap Kemampuan Metakognisi Berpikir Kritis dan Retensi Siswa MA di Malang Raya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci kemampuan metakognisi kemampuan berpikir kritis retensi Think Pair Share (TPS) Think Talk Write (TTW). Proses belajar dapat menentukan pola pikir yang dimiliki seseorang yang akan tercermin dari perilaku kehidupan seharinya. Proses belajar seseorang diperoleh dari lingkungan keluarga masyarakat maupun sekolah. Kegiatan belajar di sekolah diharapkan dapat memberikan hasil yang bermakna bagi setiap siswa begitu juga dalam pembelajaran Biologi. Setiap siswa akan memperoleh hasil belajar yang terdiri dari kognitif afektif dan psikomotor. Akan tetapi tidak hanya itu pembelajaran juga harus dapat meningkatkan kemampuan metakognisi dan berpikir siswa karena kemampuan tersebut sangat penting keterkaitannya dengan proses belajar. Selama ini sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengkaji tentang kemampuan metakognisi berpikir kritis dan juga retensi pada siswa dengan berbagai macam strategi pembelajaran. Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Strategi pembelajaran TPS TTW dan perpaduan TPSTTW terhadap kemampuan metakognisi berpikir kritis dan retensi siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas XI MA di Malang Raya tahun ajaran 2016/2017 dan 2017/2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian I adalah siswa kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 MA 1 Kota Malang kelas XI-IPA 2 dan kelas XI-IPA 3 MA Kota Batu sedangkan sampel untuk penelitian II terdiri dari siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 MAN 1 Malang XI IPA 3 dan XI IPA 4 MA Kota Batu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan berupa silabus RPP LKS dan instrumen pengukuran berupa rubrik kemampuan metakognitif rubrik kemampuan berpikir kritis. Hasil menunjukkan strategi pembelajaran TPS TTW TPS TTW berpengaruh terhadap kemampuan metakognisi berpikir kritis dan retensi siswa di MA Malang Raya. Penelitian I menunjukkan kemampuan metakognisi pada strategi TPS memiliki nilai rerata terkoreksi sebesar 97 80% dan penelitian lanjutan sebesar 101 94% jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran yang lain. Dengan demikian strategi TPS memiliki peluang lebih tinggi dalam memberdayakan kemampuan metakognisi. Kemampuan berpikir kritis pada penelitian I menunjukkan strategi TPS memiliki nilai rerata terkoreksi sebesar 150 6% dan penelitian lanjutan sebesar 100 14% jika dibandingkan dengan strategi yang lain. Strategi ini memiliki peluang yang lebih besar dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis. Penelitian I menunjukkan retensi siswa pada strategi TPS TTW memiliki rerata terkoreksi sebesar 72 79% dan penelitian lanjutan sebesar 80 76% jika dibandingkan dengan strategi yang lain. Dengan demikian startegi ini memiliki peluang yang lebih tinggi dalam memberdayakan retensi belajar siswa. ii ABSTRACT Ishak Firah. 2018. The effect of TPS (Think Pair Share) and TTW (Think Talk Write) Learning Strategies toward Metacognition Skills Critical Thinking Ability and Retention of Islamic Senior High School Students at Malang Raya. Consultants (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Keywords metacognition skills critical thinking retention TPS and TTW. A learning process can impose the mindset of a person that can be seen from everyday behavior. One s learning process is obtained from family community and school. The learning activity at school hopefully can give a meaningful result for each student likewise in Biology. Each student can get learning result consists of cognitive affective and psychomotor. Moreover a learning has to increase metacognition and thinking skills of a student which are very important for learning process. There had been many studies done to review about metacognition skill critical thinking and retention of students that have many different learning skills. This research examines the effect of TPS and TTW learning strategies also the coherence of TPSTTW toward student metacognition skill critical thinking and retention. This is aquasi-experiment research with Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group design. Population of the study is all student grade 11 of Islamic Senior High School at Malang Raya on school year of 2016/2017 and 2017/2018. The samples that used in I research are the students of class XI-MIA 4 and XI-MIA 5 of State Islamic Senior High School 1 Malang City class XI-IPA 2 and class XI-IPA 3 of State Islamic Senior High School Batu City. While the samples used in II research are students of class XI MIA 1 and XI MIA 2 of State Islamic Senior High School 1 Malang XI IPA 3 and XI IPA 4 of State Islamic Senior High School Batu City. The instrument used in this research are handling instrument in the form of syllabus RPP LKS and measuring instrument in the form of metacognition skills rubrics critical thinking rubrics. The result of the research shows that TPS TTW TPS TTW learning strategies have effects toward metacognition skills critical thinking and retention of the students of Malang Raya Islamic Senior High School. The I research indicates that metacognition skills of TPS strategy has corrected mean value of 97 80% and advanced research of 101 94% compared with other learning strategies. Therefore TPS strategy has higher opportunity in empowering metacognition skills. The critical thinking abilityin I research shows that TPS strategy has corrected mean value of 150 6% and advanced research of 100 14% compared with the other strategies. This strategy has more opportunity in empowering critical thinking ability. The I research shows that students retention of TPS TTW strategy has corrected mean value of 72 79% and advanced research of 80 76% compared with the other strategies. Therefore this strategy has more opportunity in empowering students studying retention.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60755 |
Actions (login required)
View Item |