Identifikasi tingkat keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di awal tahun implementasi kurikulum 2013 di SMP Kota Malang / Utari Minangkaning Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi tingkat keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di awal tahun implementasi kurikulum 2013 di SMP Kota Malang / Utari Minangkaning Putri

Putri, Utari Minangkaning (2017) Identifikasi tingkat keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di awal tahun implementasi kurikulum 2013 di SMP Kota Malang / Utari Minangkaning Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utari Minangkaning Putri. 2017. Identifikasi Tingkat Keterlaksanaan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik di Awal Tahun Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata Kunci Kurikulum 2013 Pendekatan Saintifik IPA Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menerapkan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Sesuai ketetapan Kurikulum 2013 tugas guru adalah sebagai ujung tombak dalam proses pembelajaran. Guru diharapkan mampu melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan baik melakukan penilaian hasil belajar peserta didik dan mampu mengubah peserta didik yang terbiasa diberi tau menjadi aktif mencari tau . Guru dan peserta didik perlu adaptasi terhadap ketentuan Kurikulum 2013 yaitu mengimplementasikan pendekatan saintifik. Peneliti berkeinginan mengetahui sejauh mana keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik serta kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan primer dan data sekunder. Sampel penelitian guru dan peserta didik sedangkan peneliti sebagai instrument kunci. Penelitian dilakukan di SMP Kota Malang yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 (SMPN1 Malang SMPN4 Malang SMPN5 Malang dan SMP Darul Ullum Agung Malang). Pengambilan data dengan cara observasi pembelajaran wawancara guru penyebaran angket guru dan peserta didik video dokumentasi rekaman catatan anekdottal. Analisis data dengan reduction display dan verification. Kemudian dilakukan uji kredibilitas uji reabilitas dan uji kepastian. Hasil penelitian di SMP Kota Malang yang mengimplementasikan pendekatan saintifik secara keseluruhan oleh guru sebesar 85% dan oleh peserta didik sebesar 86.5%. Keterlaksanaan pembelajaran di (SMPN 1 Malang oleh guru sebesar 93% dan oleh peserta didik sebesar 94%) (SMPN 4 Malang oleh guru sebesar 95% dan oleh peserta didik sebesar 95%) (SMPN 5 Malang oleh guru sebesar 88% dan oleh peserta didik sebesar 74%) (SMP Darul Ullum Agung Malang oleh guru sebesar 96% dan peserta didik sebesar 87%). Kesimpulannya kegiatan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik di tahun pertama Kurikulum 2013 oleh guru dan peserta didik secara keseluruhan berjalan baik tetapi pada kegiatan menanya kemampuan peserta didik masih rendah. Penyebabnya beberapa guru belum maksimal menggunakan model metode serta terkendala sarana prasana sekolah yang belum memadai. Data pendukung tahun 2016 guru dan peserta didik mulai terbiasa mengimplementasikan Kurikulum 2013 khususnya dalam hal penggunaan pendekatan saintifik di pembelajaran IPA. Guru merasakan kemajuan pola pikir peserta didik menjadi lebih baik tetapi kendala yang dihadapi tetap sama dengan tahun tahun sebelumnya.Untuk mewujudkan kesempurnaan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 guru dan peserta didik butuh proses pendampingan dari pemerintah dan adanya perbaikan kurikulum secara terus menerus. Abstract Utari Minangkaning Putri. 2017. Identification of the Science teaching with Scientific Approach at the beginning of the first years of Implementation of Curriculum 2013 in Junior High School Malang. Thesis. Biology Education Program Studies Graduate University of Malang. Advisor (I) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Dra. Murni Saptasari M.Si. Keyword Curriculum 2013 the Scientific Approach IPA The 2013 curriculum is a curriculum that implements learners centered on learners. In accordance with the provisions of Curriculum 2013 the teacher s job is as the spearhead in the learning process. Teachers are expected to be able to do the planning and implementation of learning well assessing the learning outcomes of learners and able to change learners who are accustomed to be tau to actively seek tau . Teachers and learners need to adapt to the provisions of Curriculum 2013 that is implementing a scientific approach. Researchers are eager to know the extent to which science IPA implementation with scientific approach and obstacles faced by teachers and learners in implementing the Curriculum 2013. This research is descriptive using qualitative approach. Primary data types and secondary data. Research sample of teacher and student while researcher as key instrument. The research was conducted in SMP Malang City which implemented Curriculum 2013 (SMPN1 Malang SMPN4 Malang SMPN5 Malang and SMP Darul Ullum Agung Malang). Data retrieval by means of learning observation teacher interviews teacher questionnaire and learner documentation video recording anecdotal records. Data analysis with reduction display and verification. Then tested the credibility test reliability and test certainty. The results of the study at SMP Malang City that implement the overall scientific approach by teachers by 85% and by learners of 86.5%. Lesson learned in (SMPN 1 Malang by teachers by 93% and by learners 94%) (SMPN 4 Malang by teachers 95% and by learners 95%) (SMPN 5 Malang by teachers by 88% and by Learner equal to 74%) (SMP Darul Ullum Agung Malang by teacher 96% and learners equal to 87%). In conclusion science learning activities with scientific approach in the first year of 2013 curriculum by teachers and learners as a whole went well but on demand activity the ability of students is still low. The cause of some teachers have not been maximally using the model methods and constrained means of school infrastructure that has not been adequate. Supporting data by 2016 teachers and learners are getting used to implementing the 2013 Curriculum especially in the use of scientific approaches in science learning. Teachers feel the progress of the mindset of learners to be better but the obstacles faced remain the same as previous years. To realize the perfection of science learning with scientific approach in Curriculum 2013 teachers and learners need process mentoring from the government and the improvement of curriculum continuously.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60737

Actions (login required)

View Item View Item