Faridah, Listia Adhayul (2017) Pengembangan pembelajaran biologi berbasis inkuiri dan PJBL bersumber belajar potensi lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah siswa kelas X SMA Mazraatul Ulum Lamongan / Listia Adhayul Faridah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Faridah Listia Adhayul. 2017. Pengembangan Pembelajaran Biologi berbasis Inkuiri dan PjBL Bersumber Belajar Potensi Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Mazraatul Ulum Lamongan. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Murni Sapta Sari M.Si. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata kunci Pembelajaran Biologi Inkuiri PjBL Potensi Lokal Lamongan Kualitas perangkat pembelajaran berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran. Pendidik dituntut untuk dapat menyusun perangkat pembelajaran yang berkualitas. Hasil observasi menunjukkan bahwa pendidik hanya mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP instrumen penilaian kognitif dan sikap serta belum memaksimalkan memanfaatkan potensi lokal dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dan PjBL bersumber belajar potensi lokal wilayah pesisir Lamongan untuk meningkatkan pemahaman konsep keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa Kelas X SMA Mazraatul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan pembelajaran ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze design development Implementation dan evaluation. Pada tahap implementasi uji coba produk menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas ekperimen yang tiap-tiap kelasnya terdiri dari 30 siswa Kelas X SMA. Instrumen penelitian ini berupa angket analisis kebutuhan lembar validasi lembar pengamatan sikap ilmiah lembar pengamatan keterampilan proses sains soal tes lembar keterlaksanaan sintaks dan lembar respons keterbacaan terhadap produk yang dikembangkan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan perhitungan persentase dan uji statistik. Data hasil tes kognitif diuji menggunakan teknik analisis kovarian (anakova) data hasil keterampilan proses sains diuji dengan uji kruskal wallis dan data hasil sikap ilmiah diuji menggunakan teknik analisis varian (anava). Hasil analisis data dapat dijadikan acuan perbaikan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid berdasarkan hasil validasi ahli materi ahli desain pembelajaran dan praktisi pembelajaran. Praktis berdasarkan besarnya respons positif siswa dan keterlaksanaan sintaks serta efektif meningkatkan pemahaman konsep mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa Kelas X SMA Mazraatul Ulum Lamongan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran biologi. ABSTRACT Faridah Listia Adhayul. 2017. The Development of Biology Learning Based on Inquiry and PjBL Sourced Learning Local Potential to Increase Understanding of Concept Scienctific Process Skill and Scientific Attitude of X Graders at SMA Mazraatul Ulum Lamongan. Thesis Biology Education Department Postgraduate State University of Malang. Advisors (I) Dr. Murni Sapta Sari M.Si. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Keywords Biology Learning Inquiry PjBL Local Potential of Lamongan The instructional tools quality can affect effectiveness of learning. The educators must be able to develop qualified learning tools. The results of observation indicate that educators develop only learning tools such like RPP cognitive and attitude assessment instruments and have not maximized utilizing local potential in learning. The purpose of this research is to produce learning tools based on inquiry and PjBL sourced local potency of Lamongan coastal area to improve understanding of concept scienctific process skill and scientific attitude of X Graders at SMA Mazraatul Ulum . This research is a development research. This learning development model is an ADDIE that consist five stages analyze design develop implement and evaluate. In the implementation phase the product trial uses two classes the control class and the experimental class which each class consists of 30 students of class X SMA. The instrument of this research are questionnaire of requirement analysis validation sheet observation sheet of scientific attitude observation sheet of science process skill test question syntax implementation sheet and response sheet of readability to developed product. Data were analyzed using percentage calculation and statistical test. Data of cognitive test were tested using covariance analysis technique (anakova) data of scientific process skill were tested using cruciity test of wallis and data of result of scientific attitude were tested using variance analysis technique (anava). The results of data analysis can be used as reference to improve learning tools. The results showed that learning tools were valid based on the validation of material experts learning designers and learning practitioners. Practically based on the magnitude of students positive responses and syntax execution and effectively improving conceptual understanding developing scientific process skills and scientific attitudes of X Graders at SMA Mazraatul Ulum Lamongan. Thus it can be concluded that learning tools which developed are feasible and can be used in biology learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60730 |
Actions (login required)
View Item |