Model pembelajaran inkuiri sosial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pagentan 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Adi Prayogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran inkuiri sosial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pagentan 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Adi Prayogo

Prayogo, Adi (2015) Model pembelajaran inkuiri sosial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pagentan 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Adi Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayogo Adi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran inkuiri sosial untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pagentan 02 kecamatan Singosari Kabupaten Malang. SKRIPSI PRODI S1 PGSD jurusan kependidikan sekolah dasar dan prasekolah fakultas ilmu pendidikan universitas negeri malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Murtiningsih S.Pd M.Pd (2) Dra. Sri Sugiharti M.Pd Kata kunci Model Pembelajaran inkuiri sosial aktivitas belajar hasil belajar IPS. Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas IV di SDN Pagentan 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang pada pelaksanaan pembelajaran IPS khususnya materi permasalahan sosial di daerahnya yang dilaksanakan tanggal 18 Februari 2014 ditemukan bahwa pembelajaran kurang efektif. Hal ini disebabkan beberapa siswa terlihat lebih banyak berbicara daripada memperhatikan guru kemudian guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga menyebabkan siswa bosan kurang aktif dan berdampak hasil belajar siswa rendah. Program pembaharuan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu selalu diupayakan baik melalui pengembangan kurikulum maupun melalui sistem pembelajaran. Pada kenyataannya di SDN Pagentan 02 dijumpai bahwa buku teks dan lembar kegiatan siswa yang menjadi sumber belajar jumlahnya terbatas dan menjadi acuan utama dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) tahap perumusan tindakan merupakan kegiatan yang dilaksanakan peneliti sebagai guru bidang studi IPS untuk menetapkan rencana tindakan dan jadwal pelaksanaan serta merumuskan Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas IV dengan melalui tindakan-tindakan tertentu. Dalam hal ini tindakan yang diambil adalah penerapan inkuiri pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pagentan 02 kecamatan Singosari kabupaten Malang tahun pelajaran 2013/2014 materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam. Melalui tindakan tersebut materi pembelajaran yang diterima akan lebih efektif dan mudah diterima oleh siswa Penerapan model Inkuiri Sosial pada pembelajaran IPS materi permasalahan-permasalahan sosial di daerahnya pada kelas IV SDN Pagentan 02 kecamatan Singosari secara keseluruhan sudah sesuai dengan RPP yang telah dibuat dan sudah melibatkan melibatkan seluruh siswa dalam pembelajaran Peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Pagentan 02 kecamatan Singosari dengan penerapan model Inkuiri Sosial pada materi permasalahan sosial di daerahnya bisa dikatakan baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil aktivitas siswa yang aktif 58% pada siklus I dan meningkat menjadi 78% pada siklus II Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pagentan 02 kecamatan Singosari dengan penerapan model Inkuiri Sosial pada materi permasalahan sosial di daerahnya bisa dikatakan baik. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan dari pratindakan rata-rata hasil belajar siswa 58 7 pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 67 7 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 80 Berkaitan penelitian ini disarankan yaitu bagi guru agar aktivitas dan hasil belajar meningkat sebaiknya guru memperhatikan gaya belajar siswa sehingga dapat menggunakan temuan penelitian ini sebagai acuan oleh guru IPS lainya untuk melaksanakan pembelajaran dengan penerapan model inkuiri sosial. Bagi sekolah hendaknya dapat menciptakan suasana yang kondusif dengan menyediakan sarana dan prasarana sehingga pembelajaran IPS dapat lebih efektif dan efisien.Bagi Pengembang Pendididkan khususnya pendidikan dasar dalam menyusun kurikulum IPS kelas IV SD/MI hendaknya berorientasi pada kebutuhan karakteristik dan kemampuan akademik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6073

Actions (login required)

View Item View Item