Pujiank, Sakila (2017) Pengembangan desain pembelajaran biologi berbasis inkuiri dengan sumber belajar sungai beringin sila untuk meningkatkan kemampuan kognitif, sikap ilmiah, dan keterampilan ilmiah siswa SMAN 1 Utan / Sakila Pujiank. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pujiank Sakila. 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri dengan Sumber Belajar Sungai Beringin Sila untuk Meningkatkan Kemmampuan Kognitif Sikap Ilmiah dan Keterampilan Ilmiah Siswa SMAN 1 Utan. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.si (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata kunci produk pengembangan kemampuan kognitif sikap ilmiah dan keterampilan ilmiah siswa Kurikulum 2013 memiliki tujuan menghasilkan pembelajar yang memiliki soft skill dan hard skill yang baik melalui optimalisasi ketiga ranah yaitu pengetahuan sikap dan keterampilan. Fakta dilapangan menggambarkan bahwa kemampuan kognitif sikap ilmiah dan keterampilan ilmiah siswa masih tergolong rendah khusunya pada pembelajaran biologi. Sehingga diperlukan pengembangan desain pembelajaran biologi yang mampu mengakomodasi pengembangan intektual sikap dan keterampilan siswa agar mampu berkembang secara optimal melalui proses pembelajaran yang benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain pembelajaran biologi berbasis inkuiri dengan sumber belajar Sungai Beringin Sila untuk meningkatkan kemampuan kognitif sikap ilmiah dan keterampilan ilmiah siswa SMAN 1 Utan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan pembelajaran untuk menghasilkan produk berupa silabus RPP dan modul pembelajaran biologi khususnya pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis inkuiri dengan sumber belajar Sungai Beringin Sila. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Utan dengan subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas X IPA 3. Data yang dihasikan terdiri dari dua macam data yaitu data uji validitas produk dan data uji efektifitas produk pengembangan terhadap variabel penelitian berupa kemampuan kognitif sikap ilmiah dan keterampilan ilmiah siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket (validasi ahli validasi praktisi keterbacaan modul dan sikap ilmiah) soal pilihan ganda (kemampuan kognitif) dan lembar observasi (keterampilan ilmiah sikap ilmiah dan keterlaksanaan pembelajaran). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa silabus (94 33%) RPP (88 70%) dan modul berbasis inkuiri dengan sumber belajar Sungai Beringin Sila (92 4%) termasuk dalam kategori sangat baik (valid) dan layak digunakan dalam uji coba lapangan. Hasil uji efektifitas lapangan terkait kemampuan kognitif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang termasuk dalam kategori rendah (0 24) dengan jumlah presentase siswa yang mendapat nilai diatas KKM mencapai 33 33%. Sikap ilmiah siswa termasuk dalam kategori sangat baik (81 86%) dan keterampilan ilmiah siswa termasuk dalam kategori cukup (66 84%). Rendahnya peningkatan kemampuan kognitif siswa dikarenakan beberapa faktor yang berasal dari guru maupun dari siswa seperti proses pembelajaran yang kurang maksimal rendahnya minat motivasi dan kebiasaan belajar siswa. Keterampilan ilmiah yang tergolong cukup dikarenakan siswa belum terlatih untuk mampu mengembangkan keterampilannya dalam proses pembelajaran sehingga diperlukan pembiasaan yang rutin oleh guru untuk memaksimalkan keterampilan ilmiah siswa khususnya pada pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran biologi berbasis inkuiri dan pemanfaatn Sungai Beringin Sila sebagai sumber belajar mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa sikap ilmiah dan keterampilan ilmiah siswa SMAN 1 Utan. Beberapa saran lebih lanjut yang dapat disampaikan adalah (1)bagi guru dalam proses pemanfaatan produk pengembangan yang telah dihasilkan guru perlu mencemati mengenai komponen dan apek masing-masing produk sehingga proses aplikasi dalam kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara optimal (2)bagi siswa siswa dapat memanfaatkan modul sebagai salah satu produk pengembangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif sikap ilmiah dan keterampilan ilmiah secara optimal. Siswa perlu berlatih untuk memaksimalkan keterampilan ilmiah yang masih termasuk dalam kategori cukup dan (3)bagi peneliti peneliti yang ingin mengembangakan produk pembelajaran terkait silabus RPP dan modul dapat menggunakan Sungai Beringin Sila pada materi lain untuk memperkaya pengetahuan siswa mengenai potensi lingkungan lokal yang ada disekitanya. ABSTRACT Pujiank Sakila. 2017. Development of Biology Learning Design Based on Inquiry with Learning Resources of Beringin Sila River to Improve the Learning Outcomes Scientific Attitudes and Students Scientific Skills of SMAN 1 Utan. Thesis. Departement of Biology Education Post Graduate Program Malang Univerisity. Consultant I Dr. Ibrohim M.Si Consultant II Dr. Hadi Suwono M.Si. Keywords procuct development learning outcome scientific attitude and student scientific skills Curiculum of 2013 has a goal to make student who have a good soft skill and hard skill through the optimalization of three domain of knowledge attitude and skill. The fact in field ilustrate that the learning outcome scientific attitudes and student scientific skills are relatively low especially in biology learning. So it is necessary to develop biology learning that can accomodate the development of intelectuality attitudes and skills of students through the good learning process. The aim of this research is to develop the biology learning based on inquiry with learning resourses of Beringin Sila River to improve the learning outcomes scientific attitudes and students scientific skill of SMAN 1 Utan. The kind of this research is a research and development of learning to produce the sylllabus lesson plan and module of biologi learning specially on ecosystem and enviromental change based on inquiry with learning resources of Beringin Sila River. The model of development is 4D. This research had been done at SMAN 1 Utan with the subject of research is students of X IPA 3. The data were collected by using the questionnaires (expert validation pactitioner validation module readability and scientific attitude) multiple choice test (learning outcome) and observation sheets (scientific skills scientific attitudes adn instructional learning). Data were analyzed by using descriptive and quantitative techniques. The result of this research shows that the development of product such as syllabus (94 33%) lesson palan (88 70%) and module based on inquiry with learning resources of Beringin Sila River (92 4%) included in category very good and valid. Results of field effectiveness test related to learning outcomes showed that there was an increase that included in the low category (0.24) with the number of percentage of students who scored above the KKM reached 33.33%. The students scientific attitude is included in the excellent category (81.86%) and the students scientific skills are included in the sufficient category (66.84%). The low increase in student learning outcomes due to several factors derived from teachers and from students such as less than optimal learning low interest motivation and study habits of students. Scientific skills are sufficient because students have not been trained to be able to develop skills in the learning process so it is necessary routine habituation by teachers to maximize students scientific skills especially on biology learning. Based on the results of research and development that has been done it can be concluded that the development of biology-based learning inquiry and utilization Beringin Sila River as a learning resource can improve student learning outcomes scientific attitude and student scientific skills of SMAN 1 Utan. Some further suggestions that can be submitted are (1) for the teacher in the process of utilizing the product of development that has been produced the teacher needs to be concerned about the components and aspects of each product so that the application process in teaching and learning activities can be done optimally (2) Students students can take advantage of the module as one of the development products to improve learning outcomes scientific attitudes and scientific skills optimally. Students need to practice and maximize the scientific skills that are still included in the sufficient category and (3) for researchers researchers who wish to develop syllabus as learning products lesson plan and modules can use the Beringin Sila River on the other materials to enrich students knowledge about their environmental potential
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60727 |
Actions (login required)
View Item |