Pengembangan pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing bersumber belajar potensi lokal kawasan TWA Pantai Panjang untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan sikap ilmiah siswa kelas X MIA SMA N 7 Bengkulu / Titis Abimanyu Pramudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing bersumber belajar potensi lokal kawasan TWA Pantai Panjang untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan sikap ilmiah siswa kelas X MIA SMA N 7 Bengkulu / Titis Abimanyu Pramudi

Pramudi, Titis Abimanyu (2017) Pengembangan pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing bersumber belajar potensi lokal kawasan TWA Pantai Panjang untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan sikap ilmiah siswa kelas X MIA SMA N 7 Bengkulu / Titis Abimanyu Pramudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramudi Titis Abimanyu. 2017. Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Bersumber Belajar Potensi Lokal Kawasan TWA Pantai Panjang untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIA SMA N 7 Kota Bengkulu. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph. D Kata kunci Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Potensi Lokal Keterampilan Metakognitif Berpikir Kritis Sikap Ilmiah. Pendidikan saat ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kecakapan hidup bagi siswa dan mempersiapkan mental siswa dalam mengatasi berbagai isu dan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Beberapa kecapakan hidup yang perlu dikembangkan yaitu keterampilan metakognitif sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis. Kecakapan hidup tersebut dapat dilatih melalui pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk bebas membangun pengetahuannya sendiri dengan melibatkan lingkungan yang ada di sekitar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara guru biologi kelas X diketahui bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran yang mampu melatih keterampilan metakognitif berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa sehingga dibutuhkan suatu perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran biologi dan lebih mengkontekstualkan pembelajaran dengan memanfaatkan potensi lingkungan lokal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan menerapkan rancangan pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan sumber belajar potensi lokal kawasan TWA Pantai Panjang Bengkulu untuk meningkatkan keterampilan metakognitif berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa kelas X MIA SMA N 7 Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Instrumen penelitian ini berupa angket analisis kebutuhan lembar validasi lembar observasi dan tes essai. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu analisis kebutuhan (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan uji pengaruh (disseminate). Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dengan persentase nilai kelayakan sebesar 95 5%. Hasil uji kepraktisan juga menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase masing-masing penilaian sebesar 79 8% (keterbacaan) 79 7% (respon terhadap pembelajaran) dan 89 7% (keterlaksanaan pembelajaran). Hasil pengujian produk pengembangan dalam pembelajaran membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Ini membuktikan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing bersumber belajar potensi lokal yang telah dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa kelas X MIA SMA N 7 pada materi ekosistem dan permasalahan lingkungan. ABSTRACT Pramudi Titis Abimanyu. 2017. The Developmental of Biology Learning Based on Guided Inquiry with Using Potential Local Environment of TWA Pantai Panjang Bengkulu to Improve Metacognitive Skills Critical Thinking and Scientific Attitude of X Grade MIA Students of SMA N 7 Bengkulu. Thesis. Departement of Biology Education Post Graduate Program Universitas Negeri Malang. Lecturer I Dr. Ibrohim M.Si Consultant II Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph. D Key Words Guided Inquiry Learning Local Potential Metacognitive Skills Critical Thinking Scientific Attitude. Education currently has the purpose to develop life skills for students and prepare students mentally in addressing various issues and problems that exist in the environment. Some of the life skills that need to be developed are metacognitive skills scientific attitudes and critical thinking. Life Skills can be trained through learning that gives students the opportunity to independently build their own knowledge with the environment around students. Based on the results of preliminary observations and interviews of class X biology teacher is known that teachers still have difficulty in developing learning that is capable of learning skills critical thinking and scientific attitude so the teacher need a lesson plan that can improve the quality of biology learning and more contextualize learning by utilizing the potential of local environment. The purpose of this research is to produce and implement the learning based on guided inquiry with using potential local environment of TWA Pantai Panjang Bengkulu as learning resources to improve metacognitive skill critical thinking and scientific attitude of X grade MIA students of SMA N 7 Bengkulu. This type of research is a development research using 4D development model from Thiagarajan (1974). The instrument of this research is questionnaire of requirement analysis validation sheet observation sheet and essay test. The research procedure consists of four step problem analysis (define) initial design (design) developmental lesson plan (develop) and influence test (disseminate). The results of this study indicate a leeson plan that developed is very feasible to be applied in learning with a feasibility percentage of 95.5%. Practical test results also showed excellent results with the percentage of each score of 79.8% (readability) 79.7% (response to learning) and 89.7% (learning implementation). Result of product development test in learning proved to have a significant between control class and experiment class. This proves that the learning of guided inquiry is based on the learning of local potential that has been developed can improve metacognitive skills critical thinking and scientific attitude of the X grade students of SMA MIA N 7 on ecosystem material and environmental environment.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60721

Actions (login required)

View Item View Item