Pengembangan booklet program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tanaman lokal pengaruhnya terhadap pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan, dan perilaku peduli lingkungan santri di Eko Pesantren Lombok Tengah / Najah Sholehah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan booklet program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tanaman lokal pengaruhnya terhadap pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan, dan perilaku peduli lingkungan santri di Eko Pesantren Lombok Tengah / Najah Sholehah

Sholehah, Najah (2017) Pengembangan booklet program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tanaman lokal pengaruhnya terhadap pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan, dan perilaku peduli lingkungan santri di Eko Pesantren Lombok Tengah / Najah Sholehah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholehah Najah. 2017. Pengembangan Booklet Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tanaman Lokal Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Lingkungan Sikap Peduli Lingkungan dan Perilaku Peduli Lingkungan Santri di Ekopesantren Lombok Tengah. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M.S. (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci booklet Kawasan Rumah Pangan Lestari pengetahuan lingkungan sikap peduli lingkungan peduli lingkungan Ketahanan pangan (food security) diversifikasi pangan tanaman lokal dan pemenuhan gizi keluarga telah menjadi isu global selama dua dekade ini termasuk di Indonesia. Dalam rangka mewujudkan ketahahanan dan kemandirian pangan Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari atau yang disebut dengan KRPL. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) adalah pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam. KRPL dapat dicapai salah satunya melalui pembentukan kader lingkungan di wilayah pesantren yakni dengan memberikan pengetahuan kepada santri dan santriwati. Pembentukan kader lingkungan akan berperan sebagai promotor dari program KRPL. Kader lingkungan harus memiliki pengetahuan lingkungan sikap peduli lingkungan dan perilaku peduli lingkungan dalam melaksanakan program KRPL. Kader lingkungan ini dapat diperankan oleh santri sebagai generasi penerus yang harus memberikan kontribusi dalam hal memelihara lingkungan yang dapat diwujudkan melalui bahan ajar berupa booklet KRPL sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Berdasarkan hasil penyebaran angket pada bulan Juni 2016 kepada 26 santri di Pondok Pesantren Miftahul Ma arif Lombok Tengah NTB terkait program KRPL menyatakan sebesar 71 4% tidak mengetahui tentang program konsep indikator dan manfaat dari KRPL ini. Sedangkan persentase untuk sikap peduli lingkungan sebesar 7% dan manifestasi perilaku peduli lingkungan sebesar 11 5% sehingga booklet KRPL untuk santri memang perlu dikembangkan. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan dan penelitian eksperimen semu. Penelitian pengembangan dilakukan untuk menghasilkan booklet Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk santri dan menguji validitas booklet tersebut. Penelitian eksperimen semu dilakukan untuk mengetahui efektivitas booklet yang telah dihasilkan. Efektivitas booklet yang telah dihasilkan dilihat dari pengaruhnya terhadap pengetahuan lingkungan sikap peduli lingkungan dan perilaku peduli lingkungan santri. Prosedur penelitian pengembangan dan penelitian eksperimen semu yang dilakukan terpadu dalam satu model penelitian pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu Analyze (Menganalisis) Design (Merancang) Develop (Mengembangkan) Implement (Menerapkan) dan Evaluate (Mengevaluasi). Desain penelitian eksperimen semu yang digunakan yaitu nonrandomized control group pretest-postest design. Data pada penelitian pengembangan berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari validator ahli materi validator ahli media praktisi lingkungan dan respons santri sebagai subjek uji coba. Data kualitatif berupa komentar dan saran sedangkan data kuantitatif berupa skor dengan rentangan skala 1-4 (rating scale) yang diisikan melalui lembar validasi. Analisis data kualitatif dan data kuantitatif hasil validasi uji coba pendahuluan (kelompok kecil) booklet yang telah dihasilkan menggunakan triangulasi dan persentase. Data hasil penelitian eksperimen semu dianalisis menggunakan Quade s rank analysis of covariance. Produk yang telah dihasilkan pada penelitian pengembangan ini yaitu booklet Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk santri. Hasil peskoran ahli materi terhadap validitas materi booklet program KRPL diperoleh persentase sebesar 73% dengan kategori kelayakan valid. Hasil peskoran ahli media terhadap booklet KRPL diperoleh persentase sebesar 93 30% dengan kategori kelayakan sangat valid. Hasil validasi oleh praktisi lingkungan diperoleh persentase sebesar 88 33% dengan kategori kelayakan sangat valid. Hasil respons siswa terhadap booklet KRPL pada uji coba pendahuluan (kelompok kecil) diperoleh persentase sebesar 98 82% yang bermakna bahwa secara keseluruhan booklet KRPL yang dikembangkan telah layak dan dapat diuji coba di lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan booklet KRPL di pondok pesanten Miftahul Ma arif dan Manhalul Ma arif diketahui sebagai berikut. (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan skor pengetahuan lingkungan antara santri yang menggunakan dan yang tidak menggunakan booklet KRPL. Tidak adanya perbedaan yang signifikan diduga disebabkan oleh santri yang sejak awal sudah memiliki pengetahuan lingkungan yang cukup tinggi. (2) Ada perbedaan signifikan skor sikap peduli lingkungan santri yang menggunakan booklet KRPL dari pada santri yang tidak menggunakan booklet KRPL. (3) Ada perbedaan signifikan skor perilaku peduli lingkungan antara santri yang menggunakan booklet KRPL dan yang tidak menggunakan booklet KRPL. Untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan menerapkan booklet KRPL dalam skala yang lebih luas dan meskor efektivitasnya terhadap berbagai jenis hasil belajar santri. Selain itu booklet ini dapat dilengkapi dengan multimedia interaktif agar lebih menarik untuk mempelajarinya. Untuk pengenalan pengembangan booklet program KRPL ini perlu dilakukan sosialisasi seperti melalui forum pondok pesantren Prakarya Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dan Agribisnis agar dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan (suplemen) dalam meningkatkan kreativitas santri tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60717

Actions (login required)

View Item View Item