Pengaruh blended-challenge based learning terhadap kemampuan literasi informasi, berpikir kritis, dan literasi sains pada mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang / Muhammad Saefi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended-challenge based learning terhadap kemampuan literasi informasi, berpikir kritis, dan literasi sains pada mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang / Muhammad Saefi

Saefi, Muhammad (2017) Pengaruh blended-challenge based learning terhadap kemampuan literasi informasi, berpikir kritis, dan literasi sains pada mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang / Muhammad Saefi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saefi Muhammad. 2017. Pengaruh Blended-Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Informasi Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Kata Kunci Blended-Challenge Based Learning Literasi Informasi Berpikir Kritis Literasi Sains Informasi yang tersedia sebagian besar tidak dievaluasi menuntut mahasiswa mempunyai kemampuan literasi informasi dan berpikir kritis agar selektif memilih informasi. Informasi yang diperoleh dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan untuk memecahkan permasalahan sehari-hari yang disebut kemampuan literasi sains. Ketiga kemampuan tersebut sangat penting tidak hanya dalam proses menempuh pendidikan namun juga sebagai persiapan mahasiswa calon guru sebagai pendidik masa depan. Ketiga kemampuan dapat ditingkatkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan penggunaan teknologi yang kuat salah satunya adalah Blended-Challenge Based Learning (B-CBL) yang merupakan pengembangan dari Problem-Based Learning (PBL). Di sisi lain proses pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya adalah Diskusi-Presentasi. Masing-masing strategi telah dilaporkan dapat meningkatkan ketiga kemampuan namun sejauh ini belum ada laporan mengenai perbandingan ketiganya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan kemampuan literasi informasi berpikir kritis dan literasi sains melalui strategi B-CBL PBL dan Diskusi-Presentasi yang kemudian dievaluasi dan dibandingkan. Penelitian ini menggunakan desain nonrandomized control group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas C H I angkatan 2016 Jurusan Biologi FMIPA UM. Instrumen penelitian ini berupa tes tulis literasi informasi berpikir kritis dan literasi sains secara berurutan mengacu pada indikator ACRL (kebutuhan akses evaluasi penggunaan dan etika) WGCTA (inferensi asumsi deduksi interpretasi dan evaluasi) dan TOSLS yang terdiri dari dua aspek utama yakni inkuiri dan analisis data kuantitatif. Analisis data menggunakan ANCOVA t-test dan Wilcoxon Rank Test yang disertai dengan Cohen s d. Hasil penelitian ini menujukkan ketiga strategi dapat meningkatkan semua kemampuan secara signifikan dengan ukuran efek besar. B-CBL lebih efektif daripada PBL dan Diskusi-Presentasi dalam meningkatkan literasi informasi. Indikator yang mengalami peningkatan signifikan dengan ukuran efek besar pada kelas B-CBL terletak pada indikator akses informasi. B-CBL PBL dan Diskusi-Presentasi memiliki keefektifan yang sama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan Indikator yang mengalami peningkatan signifikan dengan ukuran efek besar terletak pada indikator asumsi. B-CBL dan PBL lebih efektif daripada Diskusi-Presentasi dalam meningkatkan literasi sains. Indikator yang mengalami peningkatan signifikan dengan ukuran efek besar pada kelas B-CBL dan PBL adalah indikator pada aspek inkuiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60697

Actions (login required)

View Item View Item