Penerapan problem based learning dipadu think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan karakter siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMAN 1 Kasiman Bojonegoro / Abu Husen - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning dipadu think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan karakter siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMAN 1 Kasiman Bojonegoro / Abu Husen

Husen, Abu (2017) Penerapan problem based learning dipadu think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan karakter siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMAN 1 Kasiman Bojonegoro / Abu Husen. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Husen Abu. 2017. Penerapan Problem Based Learning dipadu Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Keterampilan Proses Sains dan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 1 Kasiman Bojonegoro. Tesis. Program Studi Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Endah Indriwati M.Pd. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning Think Pair Share Kemampuan Berpikir Kritis Keterampilan Proses Sains Karakter Siswa Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan oleh siswa dalam menghadapi tantangan hidup di abad 21. Siswa juga harus menguasai keterampilan proses sains dan mempunyai karakter yang baik. Kenyataan yang terjadi di SMAN 1 Kasiman melalui hasil observasi dan wawancara siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains yang rendah. Begitu juga dengan nilai-nilai karakter belum tertanam dengan baik. Kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains dan karakter siswa dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran dengan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran berdasarkan pendekatan konstruktivisme yang melatihkan siswa secara aktif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains melalui proses pemecahan masalah sedangkan Think Pair Share (TPS) merupakan model pembelajaran yang dapat melatihkan kemampuan berpikir sekaligus melatihkan keterampilan sosial dan penanaman karakter positif. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning dipadu Think Pair Share dapat rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains dan karakter siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kasiman Bojonegoro. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kasiman Bojonegoro tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada setiap siklusnya terdiri dari langkah-langkah perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian meliputi hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran hasil tes tulis kemampuan berpikir kritis hasil observasi keterampilan proses sains dan hasil observasi karakter siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui tiga cara yaitu penyajian data triangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dipadu TPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains dan karakter siswa. Model pembelajaran PBL dipadu TPS berdasarkan pendekatan konstruktivisme yang membuat siswa aktif menyelesaikan masalah dan menyusun pengetahuan sendiri sehingga dapat menstimulasi perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Langkah- siswa dalam proses pemecahan masalah membuat siswa aktif melakukan keterampilan proses sains seperti observasi merumuskan masalah menyusun hipotesis komunikasi dan menarik kesimpulan. Belajar dan bekerja dalam kelompok kecil membuat siswa mengembangkan karakter kerjasama dan tanggung jawab serta perilaku hidup bersih dan sehat. Saran dari peneliti yaitu model pembelajaran PBL dipadu TPS dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains dan karakter siswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pemahaman tentang materi pelajaran dan hasil belajar siswa serta perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menerapkan model pembelajaran PBL dipadu TPS untuk mengetahui pengaruh kualitas interaksi antar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60689

Actions (login required)

View Item View Item