Wulandari, P. Wijayati (2017) Pengembangan modul evolusi dengan pendekatan saintifik menggunakan model Think, Talk, Write (TTW) di SMAN I Glenmore Kabupaten Banyuwangi / P. Wijayati Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Wijayati P. 2016. Pengembangan Modul Evolusi dengan Pendekatan Saintifik menggunakan Model Think Talk Write (TTW) di SMAN I Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. H. Moh. Amin S.Pd M.Si (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi M.Si. Kata Kunci modul evolusi pendekatan saintifik model Think Talk Write (TTW) Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Upaya pemerintah Indonesia untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah melalui pemberlakukan Kurikulum 2013 yang menekankan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati (observing) menanya (questioning) mencoba (experimenting) menalar (associating) mengkomunikasikan (communicating) serta membentuk jejaring (networking).Pembelajaran evolusi bagi peserta didik kelas XII IPA SMAN I Glenmore Kabupaten Banyuwangi masih mengalami kendala. Bahan ajar LKS yang digunakan belum memenuhi persyaratan didaktif konstruktif serta belum mengacu pada kurikulum 2013. Kondisi tersebut terlihat dari ketuntasan nilai pengetahuan dalam tiga tahun pembelajaran terakhir kurang dari 35%. Berdasarkan analisis kebutuhan guru menyatakan bahwa 86% guru biologi di Banyuwangi memerlukan modul pembelajaran evolusi yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran evolusi bagi peserta didik dengan pendekatan saintifik menggunakan model Think Talk Write di SMAN I Glenmore Kabupaten Banyuwangi serta mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran evolusi. Modul dikembangkan berdasarkan model pengembangan Dick Carey (2009) yang terdiri dari sepuluh tahap. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif.Analisis hasil validasi ahli perangkat menunjukkan kategori sangat valid dengan hasil persentase penilaian P sebesar 90 77% untuk silabus dan P sebesar 91 04% untuk RPP. Analisis hasil validasi ahli desain menunjukkan kategori sangat valid dengan hasil persentase penilaian P sebesar 98 57% untuk modul. Analisis hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori valid dengan hasil persentase penilaian P sebesar 82 33% untuk modul. Analisis hasil validasi oleh praktisi pelaksana menunjukkan kategori sangat valid dengan hasil persentase penilaian P sebesar 100% untuk silabus P sebesar 93 08% untuk RPP dan P sebesar 97 25% untuk modul. Analisis hasil uji coba keterbacaan menunjukkan kategori sangat valid dengan hasil persentase penilaian P sebesar 86 78% untuk modul. Uji efektifitas terhadap modul dilakukan dengan uji lapangan dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design menggunakan Gain Score(g) sebesar 0 71 yang masuk pada kriteria tinggi. Berdasarkan data-data tersebut dilakukan kajian dan saran yang dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran evolusi dengan pendekatan saintifik menggunakan model Think Talk Writevalid serta terbukti mampu meningkatkan pemahaman pengetahuan pada peserta didik sehingga bisa dijadikan sumber belajar yang relevan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60681 |
Actions (login required)
View Item |