Hanib, Mohamad Tofan (2017) Penerapan pembelajaran process oriented guided inquiry learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, ketrampilan proses sains dan karakter siswa kelas X SMAN 1 Torjun Sampang / Mohammad Tofan Hanib. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hanib Mohamad Tofan. 2016. Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Keterampilan Proses Sains dan Karakter Siswa Kelas X SMAN 1 Torjun Kab. Sampang.Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. Suhadi M.Si (II) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata Kunci POGIL Berpikir Kritis Keterampilan Proses Sains Karakter Siswa Pembelajaran abad 21 menuntut kemampuan siswa yang berpikir kritis mampu memecahkan masalah komunikasi dan kerjasama yang baik mampu mencipta dan membaharui literasi teknologi komunikasi dan media dan kemampuan belajar konstektual. Tuntutan kompetensi abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa bertolak belakang dengan kondisi riil yang ada di SMAN 1 Torjun. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran process oriented guided inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains dan karakter siswa kelas X SMAN 1 Torjun Kab. Sampang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah kelas X-1 dengan 35 siswi. Data yang dikumpulkan meliputi hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran hasil penilaian kemampuan berpikir kritis hasil observasi keterampilan proses sains dan karakter siswa hasil wawancara dengan guru dan siswa. Metode yang digunakan secara triangulasi meliputi observasi analisis dokumen dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis keterampilan proses sains dan karakter siswa. Melalui pembelajaran process oriented guided inquiry learning pada tahap exploration concept formation dan application siswa mampu berpikir kritis analitis dan terlibat aktif melakukan kegiatan observasi menemukan permasalahan membuat hipotesis melakukan ekplorasi pengamatan mengumpulkan data menganalisis data berpikir dan mendiskusikan ide-ide menyimpulkan mengkomunikasikan dan membangun pemahaman konsep melalui kerjasama tim yang baik. Secara tidak langsung menumbuhkan karakter disiplin tanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan. Saran dari peneliti pembelajaran process oriented guided inquiry learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran dengan ketentuan perlu memperhatikan pengelolaan waktu pembelajaran dan uji instrumen lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60676 |
Actions (login required)
View Item |