Penerapan model pembelajaran koorperatif Think Pair Share (TPS) dipadukan dengan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas XII SMK NU Tenggarang Bondowoso / Beny Yulianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran koorperatif Think Pair Share (TPS) dipadukan dengan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas XII SMK NU Tenggarang Bondowoso / Beny Yulianingsih

Yulianingsih, Beny (2017) Penerapan model pembelajaran koorperatif Think Pair Share (TPS) dipadukan dengan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas XII SMK NU Tenggarang Bondowoso / Beny Yulianingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianingsih Beny. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dipadukan dengan Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas XII SMK NU Tenggarang Bondowoso. Tesis pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdul Gofur M.Si (II) Prof. Dr. Agr. Mohammad Amin M.Si. Kata kunci Inkuiri Motivasi Hasil Belajar Siswa TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Peneliti bertindak sebagai partisipan penuh yakni sebagai perencana tindakan guru model pengamat data dan pelapor penelitian. Peneliti dibantu oleh 2 guru IPA lain sebagai observer untuk mengamati segala aktivitas penting dan bermanfaat selama proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMK NU Tenggarang Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 25 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Data dalam penelitian ini berupa a) lembar observasi berupa keterlaksanaan pembelajaran b) penilaian sikap siswa (afektif) berupa angket motivasi model ARCS dan lembar wawancara yang diberikan setiap akhir siklus c) hasil belajar kognitif siswa berupa evaluasi tiap akhir siklus dan d) hasil belajar psikomotor siswa berupa pengamatan saat proses pembelajaran yang dilakukan disetiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi siswa sebesar 69 69% dengan rincian pada aspek attention meningkat sebesar 19 38% dari 73 16% pada siklus I menjadi 92 53% pada siklus II pada aspek relevance meningkat sebesar 15 87% dari 79 20% pada siklus I menjadi 95 07% pada siklus II pada aspek confidence meningkat sebesar 15 70% dari 73 70% pada siklus I menjadi 89 40% pada siklus II dan pada aspek satisfaction meningkat sebesar18 74% dari 72 69% pada siklus I menjadi 91 43% pada siklus II. Hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 20% dari 72% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Begitupula hasil belajar psikomotor yang diperoleh selama proses pembelajaran berlangsung juga mengalami peningkatan persentase sebesar 7 45% dari 76 22% pada siklus I menjadi 83 67% pada siklus II. Untuk keterlaksanaan proses pembelajaran juga menunjukkan peningkatan sebesar 3 44% dari 91 47% pada siklus 1 menjadi 95 38% pada siklus II. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TPS dipadukan dengan inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII SMK NU Tenggarang Bondowoso pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60675

Actions (login required)

View Item View Item