Yanuarta, Lidya (2017) Pengaruh model pembelajaran think talk write dipadu problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, dan karakter siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kota Malang / Lidya Yanuarta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yanuarta Lidya. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write dipadu Problem Based Learning terhadap Kemampuan berpikir kritis Hasil Belajar Kognitif dan Karakter Siswa Kelas XI SMAN 6 Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdul Gofur M.Si. (II) Dr. Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata Kunci think talk write problem based learning kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan karakter Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW dipadu PBL terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan karakter siswa kelas XI di SMAN 6 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMAN 6 Kota Malang tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel penelitian siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Data hasil penelitian berupa data kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa yang diberi pembelajaran biologi dengan model pembelajaran TTW dipadu PBL dan pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran TTW dipadu PBL memiliki peningkatan 35 57% lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional 2) ada perbedaan hasil belajar kognitif pada siswa yang diberi pembelajaran biologi dengan model pembelajaran TTW dipadu PBL dan pembelajaran konvensional. Hasil belajar kognitif siswa yang diberi pembelajaran TTW dipadu PBL memiliki peningkatan 33 6% lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional dan 3) ada perbedaan karakter pada siswa yang diberi pembelajaran biologi dengan model pembelajaran TTW dipadu PBL dan pembelajaran konvensional. Karakter siswa dari angket karakter menunjukkan pembelajaran TTW dipadu PBL memiliki nilai peningkatan 4 1% lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Data lembar observasi karakter menunjukkan bahwa rata-rata skor karakter siswa dengan pembelajaran TTW dipadu PBL sebesar 63 96 sedangkan skor karakter siswa dengan pembelajaran konvensional sebesar 54 1. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW dipadu PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif dan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60667 |
Actions (login required)
View Item |