Pengembangan modul program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbasis projek dan pengaruhnya terhadap sikap peduli lingkunga, keterampilan memecahkan masalah, dan keterampilan berkolaborasi siswa SMAN 1 Kepanjen / Hamim Thohari Mahfudhillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbasis projek dan pengaruhnya terhadap sikap peduli lingkunga, keterampilan memecahkan masalah, dan keterampilan berkolaborasi siswa SMAN 1 Kepanjen / Hamim Thohari Mahfudhillah

Mahfudhillah, Hamim Thohari (2017) Pengembangan modul program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbasis projek dan pengaruhnya terhadap sikap peduli lingkunga, keterampilan memecahkan masalah, dan keterampilan berkolaborasi siswa SMAN 1 Kepanjen / Hamim Thohari Mahfudhillah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahfudhillah Hamim Thohari. 2016. Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbasis Projek dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Keterampilan Memecahkan Masalah dan Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMAN 1 Kepanjen. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar M.S. (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci modul kawasan rumah pangan lestari pembelajaran berbasis projek sikap peduli lingkungan keterampilan memecahkan masalah keterampilan berkolaborasi Kementerian Pertanian membentuk suatu program yang dikenal dengan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan sayur memanfaatkan lahan yang ada untuk budidaya hewan ternak dan ikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga mengolah limbah rumah tangga menjadi kompos berkembangnya usaha ekonomi produktif keluarga untuk menopang kesejahteraan keluarga dan menciptakan lingkungan yang lestari. Berdasarkan hasil analisis pelaksanaan program KRPL ternyata pelaksanaan program KRPL belum menunjukkan hasil yang maksimal dan belum bisa memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat. Sehingga perlu adanya upaya agar program KRPL dapat berhasil. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengenalkan program KRPL melalui pendidikan formal sehingga siswa dapat ikut serta pada pelaksanaan program KRPL. Agar siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik terkait program KRPL diperlukan suatu sumber belajar yang memuat materi tentang program KRPL dan materi lain yang mendukung. Berdasarkan hasil survei 40 siswa yang dilakukan pada bulan Maret 2016 di empat SMA di Kabupaten Malang yaitu SMA Islam Kepanjen SMAN 1 Kepanjen SMAN 1 Gondanglegi dan SMAN 1 Turen lebih dari 75% siswa tidak mengetahui program KRPL. Hasil survei terhadap 14 guru di sekolah tersebut menunjukkan bahwa memang belum ada modul KRPL untuk siswa SMA sehingga modul KRPL untuk SMA memang perlu dikembangkan. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan dan penelitian quasi experiment. Penelitian pengembangan dilakukan untuk menghasilkan modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbasis projek untuk siswa SMA dan menguji validitas modul tersebut. Penelitian quasi experiment dilakukan untuk mengetahui efektivitas modul yang telah dihasilkan. Efektivitas modul yang telah dihasilkan dilihat dari pengaruhnya terhadap sikap peduli lingkungan keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan berkolaborasi siswa. Prosedur penelitian pengembangan dan penelitian quasi experiment yang dilakukan terpadu dalam satu model penelitian pengembangan ADDIE yang merupakan akronim dari Analyze (Menganalisis) Design (Merancang) Develop (Mengembangkan) Implement (Menerapkan) dan Evaluate (Mengevaluasi). Desain penelitian quasi experiment yang digunakan yaitu nonrandomized control group pretest-postest design. Data pada penelitian pengembangan berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari validator ahli materi validator ahli pengembangan bahan ajar praktisi pendidikan dan respons siswa sebagai subjek uji coba. Data kualitatif berupa komentar dan saran sedangkan data kuantitatif berupa skor dengan rentangan skala 1-5 (rating scale) yang diisikan melalui lembar validasi. Analisis data hasil validasi dan uji coba kelompok kecil modul yang telah dihasilkan menggunakan persentase. Data hasil penelitian quasi experiment dianalisis menggunakan anakova dan Quade s rank analysis of covariance. Produk yang telah dihasilkan pada penelitian pengembangan ini yaitu modul Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbasis projek untuk siswa SMA. Modul tersebut dapat dilihat secara online melalui alamat https //goo.gl/j8Gbyn. Hasil penilaian ahli materi terhadap validitas materi modul program KRPL diperoleh persentase sebesar 97 5 % dengan kategori kelayakan sangat tinggi. Hasil penilaian ahli pengembangan bahan ajar terhadap aspek kegrafikaan tata bahasa dan sistematika modul KRPL diperoleh persentase sebesar 84 58 % dengan kategori kelayakan tinggi. Hasil validasi oleh praktisi pendidikan diperoleh persentase sebesar 82 20 % dengan kategori kelayakan tinggi. Hasil respons siswa terhadap modul KRPL pada saat uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 80 23% yang bermakna bahwa secara keseluruhan modul KRPL yang dikembangkan telah layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba kelompok kecil modul KRPL yang telah dikembangkan memiliki persentase sebesar 86 13% yang artinya modul KRPL yang telah dikembangkan memiliki validitas atau kelayakan yang tinggi dan dapat diuji coba di lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan modul KRPL berbasis projek di SMAN 1 Kepanjen diketahui sebagai berikut. (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan nilai sikap peduli lingkungan antara siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan modul KRPL berbasis projek. Tidak adanya perbedaan yang signifikan diduga disebabkan oleh siswa yang sejak awal sudah memiliki sikap peduli lingkungan yang cukup tinggi. (2) Keterampilan memecahkan masalah siswa yang menggunakan modul KRPL berbasis projek secara signifikan lebih tinggi dari pada siswa yang tidak menggunakan modul KRPL berbasis projek. (3) Keterampilan berkolaborasi antara siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan modul KRPL berbasis projek tidak berbeda secara signifikan. Untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan menerapkan modul KRPL berbasis projek dalam skala yang lebih luas dan menilai efektivitasnya terhadap berbagai jenis hasil belajar siswa. Selain itu modul ini dapat dilengkapi dengan multimedia interaktif agar lebih menarik dan meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajarinya. Untuk pengenalan pengembangan modul program KRPL berbasis projek ini perlu dilakukan sosialisasi seperti melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi Prakarya Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dan Agribisnis agar dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan (suplemen) pada matapelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60663

Actions (login required)

View Item View Item