Pengaruh strategi pembelajaran biology environment technology society terhadap literasi biologi, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Kota Malang / Eka Arum Sasi Mahardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran biology environment technology society terhadap literasi biologi, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Kota Malang / Eka Arum Sasi Mahardika

Mahardika, Eka Arum Sasi (2016) Pengaruh strategi pembelajaran biology environment technology society terhadap literasi biologi, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Kota Malang / Eka Arum Sasi Mahardika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahardika Eka Arum Sasi. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Biology Environment Technology Society terhadap Literasi Biologi Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata kunci BETS literasi biologi berpikir kritis hasil belajar. Pada abad 21 sains dan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut diharapkan ada integrasi teknologi di dalam pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara dan pretest dapat diketahui bahwa literasi biologi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 7 Malang tergolong rendah. Upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan perbaikan proses pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi biologi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi yaitu Biology Environment Technology Society (BETS). BETS mengintegrasikan biologi lingkungan teknologi dan masyarakat yang dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah dikehidupan sehari-hari. BETS memiliki tahapan identifikasi masalah/isu/pertanyaan eksplorasi eksplanasi dan solusi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh pembelajaran BETS terhadap kemampuan literasi biologi siswa kelas X SMA Kota Malang 2) mengetahui pengaruh pembelajaran BETS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Kota Malang 3) mengetahui pengaruh pembelajaran BETS terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Kota Malang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Malang. Penentuan sampel berdasarkan uji kesetaraan dengan uji statistik menggunakan uji t. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas X.4 dan X.6 dengan jumlah 68 orang. Literasi biologi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif diukur melalui tes tulis. Ranah afektif dan psikomotor diukur berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran. Data literasi biologi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan analisis kovarian dengan bantuan Software SPSS 22.0 for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh strategi BETS terhadap literasi biologi persentase peningkatan kelas eksperimen 15 17% lebih tinggi dibanding kelas kontrol 2) ada pengaruh strategi BETS terhadap kemampuan berpikir kritis persentase peningkatan kelas eksperimen 14 51% lebih tinggi dibanding kelas kontrol 3) ada pengaruh strategi pembelajaran BETS terhadap hasil belajar kognitif persentase peningkatan kelas eksperimen 25 88% lebih tinggi dibanding kelas kontrol rata-rata nilai afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol persentase peningkatan pada kelas kontrol dari materi dunia tumbuhan ke materi dunia hewan lebih tinggi daripada kelas ekperimen yaitu sebesar 0 66% persentase peningkatan pada kelas eksperimen dari materi dunia hewan ke materi ekosistem lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 14 47% nilai psikomotor kelas kontrol lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan selisih sebesar 2 67. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran BETS terhadap literasi biologi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Kota Malang. Saran berdasarkan penelitian yang telah dilakukan yaitu sebaiknya strategi pembelajaran BETS digunakan secara terus menerus dan berkelanjutan agar psikomotor siswa lebih meningkat dan sebaiknya guru menyiapkan alamat artikel ilmiah yang akan dibaca oleh siswa pada tahap eksplorasi agar rujukan yang dipakai siswa lebih terpercaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60633

Actions (login required)

View Item View Item