Wicaksono, Haryo Guntoro (2016) Pengembangan multimedia "follow the color" berbasis papan interaktif untuk melatih motorik kasar pada anak usia dini / Haryo Guntoro Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wicaksono Haryo. G. 2015. Pengembangan Multimedia Follow The Color Berbasis Papan Interaktif untuk Melatih Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eka Pramono Adi S.IP. M.Si. (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Papan Interaktif Motorik Kasar Anak Usia Dini. Papan interaktif merupakan teknologi yang dapat membuat penggunanya untuk berinteraksi dengan konten yang diproyeksikan dari komputer pada permukaan papan. Apapun yang dapat dilakukan secara virtual pada komputer juga dapat dilakukan pada permukaan papan. Pengembangan multimedia Follow The Color ini dianggap penting dikarenakan (a) anak dapat melatih gerakan motorik kasarnya sembari bermain sehingga tanpa disadari mereka telah belajar melalui aplikasi Multimedia ini (b) sebagai salah satu alternatif cara belajar yang dapat membantu guru mengatasi anak yang kurang antusias dalam kegiatan belajar (c) sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran baru yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini sehingga sekolah juga dapat mengembangkannya lebih lanjut. Tujuan pengembangan multimedia ini Follow The Color adalah untuk menghasilkan multimedia yang valid untuk nantinya dapat digunakan pada kegiatan belajar melompat dengan dua kaki/satu kaki dengan seimbang untuk perkembangan motorik kasar anak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah peneliti adaptasi langkah-langkahnya yaitu (1) Research and Information collecting (2) Planning (3) Development Primary From of Product (4) Preliminary field tes (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing (7) Final product revision. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah Siswa TK-A PGRI Kalikejambon Jombang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (instrumen ahli media ahli materi dan siswa) dan kualitatif (tanggapan dan saran dari ahli media dan ahli materi). Multimedia Follow The Color divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan diujicobakan kepada 20 siswa. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh total persentase 98.75% hasil angket ahli materi diperoleh total persentase 93.75% dan dari segi keefektifan hanya kemudahan melompat dengan papan interaktif belum terpenuhi dari segi keefisienan ada 2 poin yang belum terpenuhi yaitu kemudahan dan keamanan papan interaktif dan dari segi kemenarikan semua poin sudah terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa multimedia Follow The Color berbasis papan interaktif ini valid untuk digunakan dalam kegiatan melompat dengan satu/dua kaki. Dalam pemanfaatan multimedia sebaiknya (a) guru perlu memberikan pendampingan anak ketika mengoperasikan multimedia ini. (b) peran guru dibutuhkan untuk memberikan panduan sehingga anak mampu untuk kemudian menjalankan multimedia ini dengan mudah. (c) guru perlu mengadakan tanya jawab sederhana sebagai tindak lanjut dari pemanfaatan multimedia ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/606 |
Actions (login required)
View Item |