Setiawati, Indah (2015) Pengaruh strategi reading, questioning, and answering terhadap minat baca, keterampilan metakognitif, hasil belajar Biologi, dan retensi siswa SMA Kota Malang / Indah Setiawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiawati Indah. 2015. Pengaruh Strategi Reading Questioning and Answering terhadap Minat Baca Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa SMA Kota Malang Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd. (II) Dr.Fatchur Rohman M.Si. Kata kunci Reading Questioning and Answering minat baca keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif retensi. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) pada tahun 2011 yang berfokus pada aktivitas membaca menyebutkan bahwa kualitas anak-anak di Indonesia terkait aktivitas membaca masih jauh dari kondisi ideal. Dampak dari kondisi tersebut yaitu kualitas pendidikan Indonesia dalam kancah internasional menjadi tertinggal jauh. Ketertinggalan tersebut dapat diketahui melalui pengkajian secara intensif salah satunya oleh PISA (Program for International Student Assessment). Namun hasil belajar kognitif bukanlah tujuan utama dari suatu proses pembelajaran karena kemampuan siswa untuk memahami dan mengingatnya dalam rentang waktu yang lama menjadi lebih utama atau yang disebut dengan kemampuan retensi. Salah satu upaya guru agar dapat memberdayakan kemampuan pengaturan diri selama proses belajar yaitu dengan memilihkan strategi pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk menyukai aktivitas membaca serta kemudian berdampak pada hasil belajar dan retensi. Pada penelitian semu kali ini memberikan perlakuan yaitu strategi RQA untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi tersebut terhadap peningkatan minat baca keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif dan retensi. Penelitian dilaksanakan terhadap siswa kelas XI MIA di SMA Kota Malang yaitu siswa SMA Taman Madya dan SMA Muhammadiyah kota Malang. Hasil menunjukkan bahwa nilai signifikansi strategi pembelajaran terhadap minat baca sebesar 0 233 0 05. Nilai signifikansi strategi pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif sebesar 0 000
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60579 |
Actions (login required)
View Item |