Ratnawati, Lya (2015) Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis reading concept mapping (remap) stad terhadap minat baca, kemampuan metakognitif, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas X SMA Malang / Lya Ratnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ratnawati Lya. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Mapping (REMAP) STAD terhadap Minat Baca Kemampuan Metakognitif Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Prof. Dr. A. Duran Corebima M.Pd. Kata Kunci Remap STAD minat baca kemampuan metakognitif keterampilan berpikir kritis hasil belajar kognitif. Membaca merupakan aktivitas yang dapat merangsang otak untuk berpikir sehingga memperluas dan memperkaya wawasan serta dapat membentuk pribadi yang unggul dan kompetitif. Faktanya minat baca siswa di Indonesia rendah. Rendahnya minat baca dikhawatirkan berdampak pada kesadaran metakognitif keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Upaya untuk memberdaya kan minat baca kemampuan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif Biologi siswa dilakukan melalui pembelajaran Reading concept mapping (Remap) STAD. Model pembelajaran ini mengharuskan siswa membaca (Reading) sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif STAD kemudian siswa diminta membuat peta konsep (Concept Map). Melalui membaca siswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru. Pengetahuan baru yang diperoleh siswa diperdalam dengan berdiskusi melalui pembelajaran kooperatif STAD kemudian dituangkan dalam pembuatan peta konsep. Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan minat baca kemampuan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest non equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di wilayah Kota Malang sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 9 Malang. Instrumen penelitian berupa angket minat baca siswa inventori kesadaran metakognitif (MAI) tes keterampilan metakognitif tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar kognitif. Pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis dilakukan uji anakova. Sebelum dilakukan uji statistik terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat dirumuskan kesimpulan sebagai berikut (1) model pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa tetapi (2) model pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap minat baca dan kesadaran metakognitif siswa. Berdasarkan kesimpulan tersebut peneliti menyarankan pada waktu proses pembelajaran guru diharapkan menggunakan model pembelajaran Remap STAD secara konsisten karena telah terbukti keberhasilannya untuk meningkatkan keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60573 |
Actions (login required)
View Item |