Penerapan pembelajaran group investigation berbasis 5M untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa kelas X lintas minat IPA di SMA Laboratorium UM / Evi Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran group investigation berbasis 5M untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa kelas X lintas minat IPA di SMA Laboratorium UM / Evi Fatmawati

Fatmawati, Evi (2015) Penerapan pembelajaran group investigation berbasis 5M untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa kelas X lintas minat IPA di SMA Laboratorium UM / Evi Fatmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati Evi. 2015. Penerapan Pembelajaran Group Investigation Berbasis 5M untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas Lintas Minat IPA di SMA Laborratorium UM. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah M. Pd. (2) Dr. Ibrohim M. Si Kata kata kunci kelas lintas minat penelitian tindakan kelas group investigation 5M Hal baru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 yaitu adanya pengelompokan Kelas Lintas Minat (Permendikbud Nomor 64 tahun 2014). Kelompok Kelas Minat merupakan pengelompokan siswa rumpun IPS atau Bahasa yang memiliki minat belajar IPA khususnya biologi. Berdasarkan hasil angket pemilihan Mata Pelajaran Lintas Minat IPA Mata Pelajaran Biologi di SMA Laboratorium UM diminati oleh 142 siswa dari 189 (2013/2014) dan 96 dari 171 (2014/2015) siswa non IPA (Bahasa dan IPS) sehingga memberi suasana baru terhadap pembelajaran biologi (Kurikulum SMA LAB 2014). Suasana baru ini menuntut Guru Biologi di SMA LAB UM untuk lebih kreatif mengemas pembelajaran biologi yaitu dalam hal membiasakan siswa jurusan non IPA (IPS dan Bahasa) bersikap dan belajar sains secara benar. Dari segi output hasil belajar biologi siswa Kelas X Lintas Minat IPA baik itu nilai kognitif afektif dan psikomotor masih rendah (nilai di bawah standar ketuntasan minimal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan pembelajaran Group Investigation berbasis 5M dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X Lintas Minat IPA di SMA Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Kelas yang diberi tindakan adalah siswa Kelas X Lintas Minat Biologi C Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 34 siswa. Data Penelitian berupa (1) Hasil Belajar Kognitif siswa Hasil Belajar Afektif siswa (2) Keterampilan kerja ilmiah (3) Motivasi belajar siswa dan (4) Keterlaksanaan Model Pembelajarn Group Investigation yang diukur dengan menggunakan (1) Tes tulis (pilihan ganda dan uraian) (2) Observasi langsung (3) Dokumentasi dan (4) Angket. Berdasarkan analisis data kualitatif dan data kuantitatif dapat disimpulkan terjadi peningkatan 1) keterampilan kerja ilmiah sebesar 24% 2) motivasi belajar 3 59% 3) hasil belajar kognitif 40% dan afektif 40%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran Group Investigation berbasis 5M dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X Lintas Minat IPA di SMA Laboratorium UM. Hasil penelitian menunjukan bahwa Mata Pelajaran Biologi mampu memberikan kebermaknaan hidup bagi siswa Kelas Lintas Minat IPA. Bagi peneliti lain yang berminat terhadap penerapan Group Investigation berbasis 5M diharapkan dapat melakukan inovasi pembelajaran dalam penerapan Kelas Lintas Minat supaya kebermaknaan dalam setiap materi yang disampaikan mampu digunakan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari hari siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60565

Actions (login required)

View Item View Item