Restyana, Ndaru (2015) Pengaruh pembelajaran ideal problem solving berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 1 Tikung Lamongan / Ndaru Restyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Restyana Ndaru.2015.Pengaruh Pembelajaran IDEAL Problem Solving Berbantuan Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 6M terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Tikung Lamongan.Tesis.Jurusan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata kunci pembelajaran IDEAL problem solving modul pengelolaan sampah berbasis 6M keterampilan berpikir kritis hasil belajar. IPA berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Tujuan pendidikan IPA adalah meningkatkan berpikir kritis menanggapi secara logis dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Masalah lingkungan berhubungan dengan proses pendidikan. Pendidikan lingkungan hidup dipengaruhi aspek kognitif afektif dan psikomotor. Pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu pembelajaran berbasis konstruktivis seperti Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IDEAL Problem Solving berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 1 Tikung Lamongan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tikung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-B sebagai kelompok kontrol dan kelas VII-C sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan berdasarkan hasil uji kesetaraan nilai rata-rata rapor. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor. Data penelitian diuji prasyarat menggunakan uji Kolmogorov Smirnof untuk mengetahui data berdistribusi normal dan uji Leven s Test untuk mengetahui data homogen. Uji hipotesis menggunakan anakova. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji anakova menunjukkan nilai p lebih kecil dari 945 0 05. Hal ini menunjukkan ada perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar antara siswa yang belajar dan pembelajaran IDEAL Problem Solving berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dan pembelajaran multistrategi. Sehingga pembelajaran berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Dengan demikian guru IPA diharapkan dapat menerapkan pembelajaran IDEAL Problem Solving sebagai salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Sehingga siswa mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60564 |
Actions (login required)
View Item |