Budi, Nur Iswati (2015) Pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dipadu TPS terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mata pelajaran biologi pada siswa kelas XI-IPA di Kota Malang / Nur Iswati Budi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Budi Nur Iswati. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Pola Pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP)Dipadu TPS Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas XI-IPA Di Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci Strategi Pembelajaran TPS Strategi Pembelajaran PBMP Dipadu TPS Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Kognitif Seiring dengan perubahan dan perkembangan paradigma pendidikan di Indonesia saat ini telah banyak penelitian yang mengungkap tentang pengaruh strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran yang banyak dipakai dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran biologi adalah pembelajaran kooperatif. Berkenaan dengan strategi pembelajaran kooperatif yang berpotensi meningkatkan keterampilan metakognitif diantaranya adalah Think Pair Share (TPS) dan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Berdasarkan hasil observasi di beberapa SMA di kota dan kabupaten Malang belum banyak guru yang menerapkan strategi pembelajaran yang memberdayakan keterampilan meetakognitif peserta didik. Selain penerapan strategi pembelajaran rendahnya hasil belajar kognitif mata pelajaran biologi di SMA melatarbelakangi penelitian ini.Tesis ini mengungkap adakah pengaruh strategi TPS dan PBMP dipadu TPS terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran TPS dan strategi pembelajaran PBMP dipadu TPS terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mata pelajaran biologi pada siswa kelas XI-IPA di kota Malang pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian yang digunakan ialah penelitan eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran TPS dan strategi pembelajaran PBMP dipadu TPS. Variabel terikat adalah keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi. Populasi penelitian ini seluruh sekolah SMA negeri dan swasta di kota dan kabupaten Malang. Sampel penelitian ini adalah kelas IX-IPA3 SMA Negeri 7 Malang kelas IX-IPA3 SMA Brawijaya Smart School kelas IX-IPA3 SMA Negeri 9 Malang kelas IX-IPA2 SMA Al-Ma arif Singosari.Keterampilan metakognitif diukur menggunakan rubrik metakognitif. Hasil belajar kognitif diukur dengan menggunakan tes uraian. Instrumen tes terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas isi dan konstruk serta reliabilitas. Pengumpulan data dilakukan pada saat pre-test dan post-test. Keterlaksanaan sintaks pembelajaran dilakukan uji konsistensi melalui analisis regresi. Uji normalitas dan homogenitas data dilakukan sebelum uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan analisis kovarian (Anakova). Hasil penelitan mengungkapkan bahwa 1) tidak ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas XI-IPA 2) tidak ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kedua strategi pembelajaran yaitu TPS dan PBMP dipadu TPS tidak berbeda nyata dalam meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran biologi di SMA kelas XI-IPA. Namun demikian kedua strategi ini memiliki karakteristik yang khas dalam langkah-langkah pembelajarannya. Atas dasar hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti pengaruh kedua strategi pembelajaran tersebut di atas dengan mempertimbangkan faktor eksternal yang diduga berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Bagi guru sebagai wujud tanggung jawab guru dalam pemlihan strategi pembelajaran hendaknya guru memastikan bahwa sintaks pembelajaran berlangsung dengan seharusnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60529 |
Actions (login required)
View Item |