Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning materi sintesis protein untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Pakusari Kabupaten Jember / Widia Fitriasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning materi sintesis protein untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Pakusari Kabupaten Jember / Widia Fitriasih

Fitriasih, Widia (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning materi sintesis protein untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Pakusari Kabupaten Jember / Widia Fitriasih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriasih Widia. 2015. PengembanganPerangkatPembelajaranDengan Model Problem Based LearningMateriSintesis Protein UntukMeningkatkanMotivasidanPretasiBelajarSiswaKelas XII di SMA Negeri 1 PakusariKabupatenJember. Tesis Program StudiPendidikanBiologi Program PascaSarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. IstamarSyamsuri M. Pd. (II) Dr. Hj. Sri EndahIndriwati M. Pd. Kata Kunci Perangkatpembelajaran Sintesis Protein Problem Based Learning MotivasiBelajar PrestasiBelajar. Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranmeliputisilabus RPP instrumenpenilaiandanModulMateriSintesis Protein kelas XII semester ganjildenganpendekatanPBL yang dapatdigunakandalampembelajarandenganberdasarkurikulum 2013. Metodepengembanganmengadaptasi model pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiridari 3 langkahyaitu (1) define (2) design (3) develop. Hasildaripengembanganiniakandiujiketerlaksanaanuntukmengetahuiadanyapeningkatanmotivasidanprestasibelajarsiswakelas XII di SMA Negeri 1 Pakusari. Hasilpenelitianpengembanganmenunjukkanskorpenilaianperangkatpembelajarandengan rata-rata prosentase p olehahlipendidikansebesar 95 54% ahlimaterisebesar 93 18% guru sejawat 98 86%. Hasilpenilaianmoduldalamujikelompokkecilmenunjukkan rata-rata prosentase p sebesar 97 50%. Hasilpenelitianeksperimenmenunjukkannilaipadapeningkatanmotivasibelajar Z hitunguntukAttentionsebesar -4 853 Z hitunguntukRelevance -4 977 Z hitunguntukConfidence -5 036 Z hitunguntukSatisfaction -4 966. Jika taraf kesalahan yang digunakan 0 01 maka nilai Z tabel adalah 0 0000. Apabila nilai Z hitung lebih kecil daripada Z tabel maka bernilai positif sehingga dapat diperoleh data bahwa ARCS motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan nilai sikap siswa dengan uji T paired dengan T hitung -18 181 peningkatan nilai oengetahuan siswa T hitung -11 317 peningkatan nilai ketrampilan siswa T hitung -11 194. Nilainegatifpada T hitungmenunjukkanbahwanilai T hitunglebihrendahdaripada T tabelhaliniberartibahwanilaipadapertemuan 1 lebihkecildaripadapertemuan 2 sehinggadapatdikatakanmengalamipeningkatan. Berdasarkanhasilpenelitianpengembangandanpenelitianeksperimendapatdisimpulkanbahwapengembanganperangkatpembelajaraninilayakuntukdimplementasikanpadapembelajaran danhasilimplementasinyaadalahpengembanganperangkatpembelajaraninidapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswakelas XII IPA 2 di SMA Negeri 1 PakusariKabupatenJember. Berdasarkanhasilpenelitianpengembangandanpenelitianeksperimendapatdisusun saran yaitu (1) pemanfaatanperangkatpembelajaran yang telahdikembangkaninisupayadapatdicermatidandiperhatikansecaraseksama (2) untukpengembanganlebihlanjut analisiskebutuhandapatdilaksanakanbekerjasamadengan forum Musyawarah Guru Mata PelajaranBiologiKabupaten (3) pengembanganperangkatpembelajaraninihanyamencakupmateriSintesis Protein saja untukpengembanganlebihlanjutperludikajidandikembangkanuntukseluruhmateripelajarankelas XII (4) pengembangansilabus RPP instrument penilaiandanmodulpembelajaranpadaperangkatinimengunakan model Problem Based Learning (PBL) untukpengembanganlebihlanjutperlumempertimbangkanpenggunaan model pembelajaran yang lain denganstrategipembelajaran yang lebihbervariasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60527

Actions (login required)

View Item View Item