Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis kontekstual pada materi evolusi kelas XII IPA di SMA Islam Kepanjen / Dyah Lussi Praharini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis kontekstual pada materi evolusi kelas XII IPA di SMA Islam Kepanjen / Dyah Lussi Praharini

Praharini, Dyah Lussi (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis kontekstual pada materi evolusi kelas XII IPA di SMA Islam Kepanjen / Dyah Lussi Praharini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praharini Lussi Dyah 2015 PengembanganPerangkatPembelajaranBiologiBerbasisKontekstualpadaMateriEvolusi di SMA Islam Kepanjen. Tesis Program PascaSarjanaPendidikanBiologi.UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Prof. Dr. agr.Moh. Amin SPd. M.Si. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci Pengembangan PerangkatPembelajaran Kontekstual Evolusi Adanyaperaturanpemerintahnomor 32 tahun 2013tentangimplementasikurikulumtahun 2013 dimanapembelajarannyaberbasiskompetensi. Kompetensi yang harusdikuasaisiswadalampembelajarankurikulumtahun 2013 matapelajaranbiologiadalahkemampuanmemahamipengetahuansecara factual danmencipta.Salah satumeteridalammatapelajaranBiologikelas XII IPA di SMA pada semester genapdanuntukmencapaikompetensi yang diharapkanadalahmemahamiEvolusi. Hasil survey denganpengisianangketmendapatkan data 71% guru sulitmemahamievolusi danmelaksanakankegiatanpraktikummaterievolusi hasilinimenunujukkanmateriEvolusisulitdiajarkan.Pembelajarankontekstualdapatmemudahkansiswamemahamimateri yang dipelajari karenabelajardaricontoh-contohnyata yang adadisekitarnya materievolusi yang sulitdapatmudahdipahamiapabiladiajarkansecarakontekstual.Materievolusidapatdiajarkansecarakontekstualdenganpenjelasansecara Bio Molekuler.Pembelajaran di SMA Islam Kepanjenmengikutikurikulumtahun 2013 yang memilikikarakteristikpembelajarandenganpendekatanilmiah yang sejalandenganpendekatankontekstual.OlehkarenaituperluadanyapengembanganperangkatpembelajaranEvolusiberbasiskontekstualkelas XII IPA di SMA Islam Kepanjen denganmenggunakan model pengembangan Dick and Carey. Rancanganpenelitianinimenggunakan model pengembanganDick and Carey dengansembilantahap antaralain identifikasitujuanpembelajaran analisispembelajaran identifikasisiswa mengembangkanstrategipembelajaran memilihmateripembelajaransampaimerevisibahanpembelajaran karenaketerbatasanwaktutahapke 10 tidakdilaksanakanyaituevaluasi semester.Kegiatan yang dilakukanuntukujicobaprodukdalampenelitianpengembanganiniadalah (1) mendesaianperangkatpembelajaran (2) validasiperangkatpembelajaranolehahlimateridanahliperangkatpembelajaransertatemansejawat (3) subyekujicobaproduk. Data yang diperolehdikelompokkanmenjadidua yakni data kuantitatifberupaskorangketperangkatpembelajaranhasilvalidasidariahlimateri ahliperangkatpembelajaran temansejawatdanhasilujicobakelompokkecilpadasiswakelas XII IPA SMA Islam kepanjen.Data kualitatifberupa saran dantanggapan yang diberikanolehvalidator.Tehnikanalisis data yang digunakanuntukmengolah data hasilujicobapengembanganperangkatpembelajaraniniadalah (1) analisisdeskriptifkualitatifuntukmengolah data yang berupa saran dantanggapan. Serta (2) analisisstatistikdeskriptifdigunakanuntukmengolah data yang diperolahdariangketberupanilaiprosentase. Produkhasilpengembanganiniberupaperangkatpembelajaran yang terdiridarisilabus RPP danmodulpembelajaranmateriEvolusiberbasiskontekstual.hasilvalidasidariahlimateri ahlidesainperangkatpembelajarandantemansejawatterhadapsilabus rata-rata 95 5% hasilvalidasi RPP rata-rata 96 5% hasilvalidasimodulpembelajaranEvolusirata-rata 89% hasilujiketerbacaanmodul rata-rata 93% yang berartiperangkatpembelajaranhasilpengembanganmemilikikategorisangatbaikdantidakperludirevisi. Hasilinidiprediksidapatmencapaikomptensisiswamemahami menganalisis menalarmenyajidanmenciptadalamranahkonkretdanranahabstraksesuaimaterievolusi yang dipelajari.Dapatdiartikanjugaperangkatpembelajaran yang dikembangkanberupasilabus RPP danmodulpembelajaranmateriEvolusiberbasiskontekstuallayakdigunakanpadakegiatanpembelajaran. Beradasarkanhasilpengembanganperangkatpembelajaran yang telahdilaksanakanmakauntukpemanfatannyabagi guru yang akanmenggunakansilabus RPP danmodulpembelajaranhasilpengembanganini sebaiknyadigunakansecaraterintegrasikarenasalingterkait.Mengingatpenelitianpengembanganinimasihdilaksanakansampaipadatahapujicobakelompokkecil makauntukpenelitianpengembanganselanjutnyahendaknyadilakukanujicobalapangan/kelasdansampaipadatahapdiseminasi.MateriEvolusiberbasiskontekstualolehsebagian guru dirasacukupsulit makaperluadanyasosialisasihasilpengembanganinimelalui forum MGMP kabupaten agar guru biologimengenalpembelajaranmateriEvolusiberbasiskontekstual sehinggamateriEvolusimenjadilebihmudahdiajarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60506

Actions (login required)

View Item View Item